• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribunnews.com

Batik Ondel-ondel Bakal Jadi Tren 2013

Jumat, 4 Januari 2013 07:43 WIB
Batik Ondel-ondel Bakal Jadi Tren 2013
seracibatikbetawi.wordpress.com
Salah satu contoh motif Batik Ondel-ondel

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ida Romlah

TRIBUNNEWS.COM, CIREBON - Sejumlah perajin batik di daerah Trusmi, Kabupaten Cirebon punya cerita lain tentang Jakarta. Sebagai ibukota negara, Jakarta dijadikan tema pada kain batik koleksi terbaru mereka. Perajin menyebutnya batik tren 2013.

Alasannya, selain sebagai ibukota negara, Jakarta juga memiliki kesenian tradisional yang menjadi ciri khas kota tersebut. Kesenian itu adalah ondel-ondel. Di samping itu, Jakarta juga memiliki monumen bersejarah yang juga merupakan ciri khas kota tersebut yakni monas.

"Ini batik koleksi terbaru, akan jadi tren 2013. Kami menyebutnya batik ondel-ondel," ujar salah seorang perajin sekaligus pengusaha batik Trusmi, Yusrianah Raharjo saat ditemui Tribun,di Bandung pekan lalu.

Disebut batik ondel-ondel, karena motif yang ada pada kain batik tersebut adalah gambar ondel-ondel khas Jakarta. Ondel-ondel tersebut terlihat cantik, karena digambar lengkap dengan pakaian dan aksesori yang kerap digunakan ondel-ondel saat pentas.

Selain ondel-ondel, ada gambar lain yang ditorehkan di atas kain batik tren 2013 tersebut. Gambar tersebut tentu yang identik dengan Jakarta, yakni tugu monas dan kembang api. Sebab, biasanya jika ada pesta di Jakarta, kembang api tidak pernah terpisahkan.

Sementara untuk warna, batik ondel-ondel ini menggunakan warna-warna cerah. Sebagai warna dasar misalnya, ada oranye, biru menyala, merah, hijau, dan warna-warna menyala lainnya. Sengaja dipilih warna-warna menyala agar terlihat kemeriahan dari sebuah pesta ondel-ondel. Selain itu, warna-warna batik Cirebonan memang identik dengan warna-warna cerah.

Kain batik ondel-ondel buatan Yusrianah sengaja dibuat dengan tangan atau biasa disebut dengan batik tulis. Proses pembuatannya memakan waktu sekitar seminggu. Karena motif yang dibuat tergolong sederhana, dengan gradasi warna yang sederhana pula, batik tulis ondel-ondel ini ditawarkan pada kisaran Rp 200.000 per lembar.

Jika ingin mengoleksi batik ini maka bisa datang ke sentra batik Trusmi di Desa Trusmi, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Jabar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1283561 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas