• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribunnews.com

50 Seniman Tato Adu Kreativitas di Tubuh Model Cantik

Jumat, 19 April 2013 08:59 WIB
50 Seniman Tato Adu Kreativitas di Tubuh Model Cantik
WARTA KOTA
Komunitas pecinta tato Aliansi Seni Rajah dan Tindik Tubuh Indonesia.

TRIBUNNEWS.COM, MALANG – Sebanyak 50 orang seniman tato se-Indonesia, beradu kepiwaian dalam menyajikan seni tato dengan tema ‘Youth Custom Culture Fest’ di GOR Ganesha Kota Batu, Jumat (19/4/2013).

Para seniman tato itu, berasal dari Batu, Malang, Surabaya, Jogjakarta, Jakarta, Semarang hingga Bali. Mereka menuangkan ekpresinya di tubuh masing-masing model.

Seperti seniman Bedah Tatto dan Kanjattatu, yang menampilkan tato berbentuk Topeng Malang dengan arsiran sekitar gambar yang rumit. Meski sama-sama mengangkat topeng Malangan, namun kedua seniman itu menampilkan gambar tato berbeda.

Sementara, seniman dari Andreas Tato membuat tato kepala barongsai dipadu wajah leak Bali. Seniman dari Japan Tattoo membuat tato bergambar wayang dipadu animasi, layaknya robot namun berkepala Bimo.

Tak kalah menariknya, seniman dari Black Skull Malang menyajikan tato berbeda. Di pundak bagian belakang model cantik, seniman ini membuat tato bergambar kepala srikandi dengan atribut mahkota. Gambar Srikandi ini memiliki banyak arsiran.

“(Gambar) ini pilihan modelnya sendiri. Rumit di bagian arsirannya. Sekali membuat tato seperti ini membutuhkan waktu sekitar tiga jam hingga empat jam,” ujar Erwis Irwan, pendamping seniman tato dari Black Skull.

Ketua Pelaksana Yohan Purnama mengatakan, lomba bertema budaya itu ide dari kawan-kawannya mengingat tato di dunia itu berasal dari Indonesia, yakni di Mentawai sebelum jaman logam.

Seniman tato hampir setiap sebulan sekali menggelar lomba. Hal itu bertujuan untuk memberitahukan kepada orang umum, bahwa tato itu seni. Dan dilomba ini bisa dibedakan, antara tato seni dengan tato yang identik dengan kriminalitas. Perbedaannya, salah satunya kerumitan terlihat hidup. "Tidak asal membuat tato," terang Yohan yang juga anggota Malang Tattoo Community.

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Surya
0 KOMENTAR
1688182 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas