Rahasia Dapur

Tips Memilih Seafood Olahan yang Tetap Terjaga Kesegarannya

Ini tips memilih makanan seafood olahan yang tetap terjaga kesegaran dan keutuhan nutrisinya.

Tips Memilih Seafood Olahan yang Tetap Terjaga Kesegarannya
Istimewa

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Daniel Ngantung

TRIBUNNEWS.COM - Memasak untuk anggota keluarga di rumah menjadi problema tersendiri bagi kaum urban yang hidup di kota-kota besar. Mobilitas yang tinggi cukup menyita waktu, menyisakan sedikit waktu untuk menyiapkan masakan buat keluarga tercinta.

Melihat kondisi tersebut, mengonsumsi makanan olahan dalam kemasan yang dibekukan atau biasa dikenal frozen food rasanya bisa menjadi solusi karena lebih praktis dan cepat disajikan.

Namun yang jadi masalah adalah tidak semua produk olahan yang dibekukan terjamin kesegarannya, khususnya seafood atau makanan laut.

Makanan yang satu ini paling rentan terkontaminasi bakteri dan mudah membusuk bila kesegarannya tidak terjaga karena kandungan proteinnya lebih banyak ketimbang daging sapi atau ayam.

Maka itu, pililhlah produk seafood olahan yang terjaga kesegarannya, mulai dari proses penangkapan hingga sampai di etalase supermarket.

Fiesta Seafood, produk makanan olahan dari PT Central Proteinaprima Tbk, mencoba menghadirkan  frozen seafood yang terjaga kesegarannya.

"Berbeda dari produk serupa lainnya, Fiesta Seafood terbuat dari udang dan ikan segar yang diambil langsung dari tambak sendiri di Lampung. Hasil tangkapan lalu langsung diolah sehingga kesegerannya tetap terjaga. Saat pendistribusian pun, kami tetap memastikan produk tersimpan dalam ruang yang temperaturnya stabil," ujar Anna Wibowo, Brand Manager FIESTA Seafood, saat peluncuran program "Ayo Makan Seafood", di FCone, FX, Selasa (27/8/2013).

Produk ini diperkenalkan berbarengan dengan diluncurkannya Kampanye "Ayo Makan Seafood" yang dicanangkan oleh Fiesta Seafood untuk  mengedukasi masyarakat Indonesia pentingnya mengonsumsi seafood.

"Sangat disayangkan Indonesia sebagai negara maritim, tingkat konsumsi seafood malah masih tebilang rendah bila dibandingkan negara lain seperti Singapura dan Malaysia. Padahal seafood kaya akan kaya akan protein bermutu tinggi, rendah lemak jenuh, tinggi kandungan asam lemak omega 3, 6 dan 9, mineral, dan sumber vitamin B kompleks, yang sangat berkontribusi untuk kesehatan jantung dan tumbuh kemabang anak," ujar Anna lagi.

Hadir dalam peluncuran tersebut, Chef Arnold Poernomo sebagai brand ambassador, dr. Elvira Syamsir, ahli gizi yang juga dosen IPB Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan, dan Ir. Saut Parulian Hutagalung, M.Sc, Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Fiesta Seafood memiliki sembilan varian  kproduk yang terbagi ke dalam dua kelompok yaitu Seri Goreng Tepung dan Seri Dimsum. Untuk seri Goreng Tepung, Fieste Seafood menawarkan Eby Fry, Shrimp Roll, Seafood Stick, Shrimp Cutlet, dan Shrimp Nugget. Sementara itu seri Dimsum terdiri dari Fish Ball, Shrimp Ball, Shrimp Shumai, dan Shrimp Tofu.

Harga per pack dibanderol mula dari Rp 25.000 sampai Rp 35.000.

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Agung Budi Santoso
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help