Karier

Lima Kesalahan Mencantumkan Referensi Kerja yang Bikin Anda Tak Diterima

Inilah lima kesalahan mencantumkan referensi kerja yang bikin Anda tidak diterima.

TRIBUNNEWS.COM - Saat menyusun surat lamaran kerja, biasanya Anda akan mencantumkan referensi Anda. Referensi berfungsi sebagai pihak yang akan mendukung Anda agar Anda memperoleh pekerjaan yang Anda impikan.

Sayang, karena salah memperlakukan referensi, banyak orang justru kehilangan pekerjaan impiannya. Apa sebabnya?

Tidak memberitahu referensi Anda kemungkinan akan ditelepon

"Sering terjadi di mana pencari kerja lupa memberitahu referensinya bahwa kemungkinan ia akan ditelepon pihak pemberi kerja," ujar Julie Kline, SPHR, konsultan SDM di Prastmark Consulting.

Padahal, sebelum memilih seseorang sebagai referensi tentu Anda perlu memintanya lebih dulu, sehingga mereka tahu suatu saat mungkin akan dihubungi calon pemberi kerja. Inilah yang disebut kesantunan profesional. Kalau referensi Anda malah terkejut dan bingung ketika dihubungi, Anda lah yang terlihat tidak profesional.

Menyebutkan referensi yang relevansinya sangat kurang

Ketika Anda menyebutkan seseorang sebagai referensi, pilih yang memang benar-benar mengenal Anda. Jangan memilih seseorang yang levelnya jauh di atas Anda, sehingga tidak mengenal Anda secara langsung.

Tetapi, Anda juga tidak bisa menyebutkan orang dekat Anda -seperti ibu atau ayah- sebagai referensi Anda. Mereka tentunya tidak mengenal Anda secara profesional.

Memberikan referensi yang nyaris tidak mengenal Anda, atau justru terlalu mengenal Anda, akan membuat calon pemberi kerja mempertanyakan penilaian mereka untuk Anda, kemampuan berjejaring Anda secara profesional, dan kinerja Anda di masa lalu. Lagipula, kalau Anda tidak ingin menyebutkan atasan langsung Anda sebagai referensi, calon pemberi kerja tentu akan menebak-nebak apa yang akan dikatakan mantan atasan Anda tentang Anda.

Referensi Anda sulit dihubungi

Halaman
12
Tags
karier
Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Tabloidnova.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved