Jangan Buka Pintu Oven Sebelum 25 Menit Saat Memanggang Pastry

Menurut pastry chef Adinda Triandhina, haram hukumnya untuk membuka pintu oven sebelum 25 menit.

Jangan Buka Pintu Oven Sebelum 25 Menit Saat Memanggang Pastry
Tribunnews.com/Daniel Ngantung
Chef Adinda Triandhina saat memamerkan kebolehannya membuat pastry di Ikea Alam Sutra, Tangerang Selatan, Kamis (4/6/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pernah memanggang pastry namun hasilnya kurang memuaskan? Misalnya, pastry tidak mengembang secara sempurna atau kurang kokoh dan melempem.

Kesalahan mungkin bukan pada adonannya. Bisa saja karena Anda terlalu sering membuka pintu oven saat memanggang.

Melakukan hal tersebut memang lumrah terutama untuk mengecek warna keemasan pada pastry sebagai tolak ukur kematangan.

Tapi menurut pastry chef Adinda Triandhina, haram hukumnya untuk membuka pintu oven sebelum 25 menit.

"Pastry mungkin sudah terlihat mengembang. Namun sebelum 25 menit, pastry sebetulnya belum berkembang sempurna. Jadi mudah mengempis ketika udara masuk dari pintu oven yang terbuka," terang Adinda saat demo masak di Ikea Alam Sutra, Tangerang Selatan, Kamis (4/6/2015).

Jadi, bila ingin mengecek kematangan pastry, kata chef lulusan Le Cordon Bleu, Sydney Australia ini, sebaiknya membuka pintu oven setelah 25 menit memanggang.

Kesempurnaan pastry juga bergantung pada persiapan oven. Untuk mendapatkan hasil optimal, sangat disarankan memanaskan oven terlebih dahulu sebelum memasukkan pastry.

"Panaskan oven dalam suhu maksimal 210 hingga 220 derajat celcius. Tunggu sekitar 10 sampai 15 menit, baru masukkan pastry," saran Adinda.

Hindari pemanggangan dengan temperatur di bawah 210 derajat celcius karena akan menghasilkan pastry yang kurang sempurna.

"Jangan samakan pastry dengan cake yang cukup dipanggang pada suhu 160 derajat celcius. Pastry memiliki tekstur yang berlapis-lapis dan terkadang terbuat dari ragi sehingga membutuhkan temperatur yang lebih tinggi," sarannya. (Daniel Ngantung)

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved