Pelan tapi Pasti, Wanita Makin Cerdas daripada Kaum Adam

Kemampuan kognitif wanita meningkat dari waktu ke waktu, dibandingkan pria.

Pelan tapi Pasti, Wanita Makin Cerdas daripada Kaum Adam
IST

TRIBUNNEWS.COM – Peradaban modern memberikan ruang yang luas untuk wanita dalam mengembangkan kemampuan dan kecerdasan.

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Proceedings of the National Academy of Sciences, menemukan bahwa kemampuan kognitif wanita meningkat dari waktu ke waktu, dibandingkan pria.

Periset menganalisa kumpulan data hasil survei di tiga Negara Eropa selama tahun 2006. Mereka mempelajari 31.000 pria dan wanita yang lahir pada rentang tahun 1923 dan 1957.

Seluruh responden diminta untuk menyelesaikan tugas yang mengasah kemampuan kognitif, ketajaman memori, berhitung, dan kualitas pengetahuan.

Kemudian, hasil dari eksperimen itu dibandingkan dengan jawaban ketika studi dilaksanan kala mereka berusia 25 tahun. Hasilnya, perkembangan kecerdasan kognitif wanita terus meningkat dari waktu ke waktu.

Mayoritas responden wanita menonjol di bagian uji memori dan kualitas pengetahuan. Namun, pria masih menujukkan hasil lebih cemerlang di hasil kemampuan berhitung.

Agneta Herlitz, rekan peneliti mengatkan bahwa tidak ada penjelasan ilmiah mengenai kecerdasan wanita yang lebih baik daripada pria.

Namun, dia memprediksi, bisa jadi karena wanita selalu dinyatakan sebagai warga dunia kedua, sehingga mereka memiliki semangat dan motivasi untuk pembuktian diri.

Alhasil, wanita lebih bersemangat dalam menempuh pendidikan hingga ke jenjang lebih tinggi, lebih rajin membaca buku, dan selalu haus akan inovasi terbaru.

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved