Kesal karena Bihun Goreng Anda Hancur? Coba Trik Ini Agar Tampilannya Sedap Dipandang

Ada cara-cara tertentu yang bisa kita ikuti agar bihun goreng buatan kita tidak hancur saat diolah.

Kesal karena Bihun Goreng Anda Hancur? Coba Trik Ini Agar Tampilannya Sedap Dipandang
KOMPAS.COM/OKY HARTANTO
Pad Thai Gai di Warung Siam, Ubud, Gianyar, Bali. Pad Thai Gai berupa bihun goreng dengan pilihan daging ayam, udang atau sayuran dan diselubungi telur dadar yang dibuat mirip jala. 

TRIBUNNEWS.COM – Bihun goreng memang merupakan hidangan yang sedap rasanya sehingga kerap jadi pilihan sarapan pagi, makan siang, hingga makan malam.

Terbuat dari tepung beras, ia mengenyangkan dan kenyal. Sayang, ukurannya begitu kecil sehingga mudah hancur. Inilah tips dari kami agar bihun Anda utuh, enak, dan bagus.

Bihun dijual dalam bentuk kering, tidak pernah dalam bentuk basah. Karena itu sebelum diolah, bihun harus direbus atau diseduh dulu untuk melunakkannya.

Kelihatannya mudah-mudah saja melunakkan bihun. Yang sebetulnya, sih, kadang bikin kita jadi kesal. Kalau terlalu lama merebus atau merendam, bihun jadi terlalu lunak dan patah-patah ketika diolah. Sebaliknya kelewat sebentar, bihun jadi keras.

Kualitas bihun juga menentukan lama sebentarnya kita merebus bihun. Bihun yang kualitasnya kurang bagus, amat rapuh dan mudah putus-putus hingga penampilan hidangan kita tidak indah dipandang. Untuk dibuat bihun goreng, sebaiknya bihun tidak direbus terlalu lama.

Diseduh akan lebih baik lagi karena bihun goreng dibuat dengan pangadukan yang sering dan agak lama. Bihun yang terlalu lunak, akan langsung hancur.

Jadi, seduh bihun dengan air mendidih. Biarkan sebentar lalu segera tiriskan. Anda dapat segera menambahkan minyak agar bihun tidak melekat satu sama lain. Kalau bihun masih agak keras, Anda bisa menambahkan kaldu pada bihun goreng hingga bihun jadi lunak.

Di samping itu kaldu juga membuat bihun goreng Anda jadi gurih. Kalau melunakkan bihun sudah benar, ingat juga penanganannya, Jangan aduk terlalu sering dan kelewat kuat.

Nah, itulah cara yang bisa Anda ikuti agar bihun goreng Anda tidak hancur saat dimasak. Mudah sekali, bukan? Setelah Anda tahu caranya, ada baiknya mencoba resep bihun goreng yang banyak terdapat di website kesayangan Anda ini. Yuk, mulai memasak. (SP/DV)

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help