Begini Trik Menyiasati Cahaya Matahari Berlebih di Apartemen

Pancaran sinar matahari dengan intensitas yang terlalu besar dapat mengganggu penglihatan.

Begini Trik Menyiasati Cahaya Matahari Berlebih di Apartemen
dok. Meikarta
Pencahayaan yang baik pada apartemen di Meikarta. 

TRIBUNNEWS.COM - Beruntung apabila tinggal di Indonesia, yang merupakan negara tropis dengan sinar matahari yang berlimpah. Anda tidak perlu lagi pencahayaan artifisial di siang hari.

Sayangnya, pancaran sinar matahari dengan intensitas yang terlalu besar dapat mengganggu penglihatan. Hal ini disebabkan jendela apartemen yang besar sehingga membuat ruangan silau. Kondisi di kamar pun terasa gerah.

Jika Anda mengalami hal tersebut, coba lakukan beberapa trik di bawah ini untuk menghindari terik matahari yang berlebihan.

Kerai

Gunakan kerai untuk menutupi jendela apabila sinar matahari terasa mengganggu. Kerai bambu atau kayu cukup mudah untuk ditemukan.

Namun, jika untuk menambah kesan stylish dan minimalis pada ruangan, pilihlah kerai dengan warna-warna cerah.

Kaca Film

Kaca film memiliki peran penting dalam menghalau sinar matahari, khususnya pada mobil. Rupanya kaca ini juga bisa digunakan di apartemen guna menghalau panas yang masuk dari luar ruangan.

Meskipun terlihat gelap, kaca film tentunya tidak serta-merta membuat ruangan kurang cahaya. Anda bisa memilih rentang gelap pada kaca, mulai dari 30% hingga 60%. Sesuaikan saja dengan keinginan.

Tanaman

Jika kerai dan kaca film belum cocok dengan anggaran Anda, cobalah untuk menyiasatinya dengan tanaman rambat. Tanaman jenis ini bisa Anda letakkan di dinding.

Cek kondisi tanaman setiap dua minggu untuk mencegah kerusakan dinding apartemen Anda yang disebabkan oleh akar tanaman.

Jangan takut untuk bermain warna di dalam ruangan. Cat putih pada dinding memang sangatlah dianjurkan untuk rumah-rumah di negara tropis karena dapat meminimalisir pantulan sinar matahari.

Anda juga bisa memadukan warna putih dengan beberapa warna cerah lainnya, khususnya di bagian ruangan yang sering terkena intensitas matahari.

Warna lavender atau turquoise memiliki spektrum yang lebih gelap, namun bisa menyerap cahaya. Dengan begitu, ruangan pun tidak terlalu terang.

Bagaimana, apakah solusi di atas dapat membantu pencahayaan di apartemen Anda? Namun, memang sebaiknya sejak pertama kali membeli, pilihlah posisi bangunan yang tepat. Seperti halnya memilih rumah tinggal, arah unit Anda terhadap sinar matahari juga patut dipertimbangkan.

Sebaiknya hindari unit yang menghadap ke arah barat atau utara, karena paparan sinar matahari membuat ruangan cenderung lembab dan panas.

Nah, jika Anda sedang mencari hunian yang memiliki posisi bangunan pas, Meikarta lah solusinya.

Bangunan yang terdiri dari 55 lantai ini menyediakan banyak pilihan tempat hunian sehingga Anda tidak terjebak dengan cahaya matahari berlebih.

Editor: Advertorial
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved