Kenapa Orang Gampang Mengantuk saat Berada di Mobil yang Melaju?

Banyak faktor yang menyebabkan sebagian orang mengantuk saat mengendarai mobil.

Kenapa Orang Gampang Mengantuk saat Berada di Mobil yang Melaju?
KOMPAS.com
Ilustrasi setir mobil di kanan. 

TRIBUNNEWS.COM - Banyak faktor yang menyebabkan sebagian orang gampang mengantuk saat berada di mobil. Meski sebagai pengendara atau penumpangnya.

Misalnya, karena kurang tidur, mabuk, akibat mengonsumsi obat-obatan, dan lain-lain.

Tapi, yang tak banyak diketahui, mengantuk saat berada di mobil juga bisa disebabkan karena moda transportasi itu sendiri.

Sebuah penelitian berjudul "The Effects of Physical Vibration on Heart Rate Variability as a Measure of Drowsiness" diterbitkan dalam jurnal Ergonomics.

Kita tahu sensasi bergetar bisa terasa sangat membuat rileks, termasuk di berbagai fitur integral dari kursi pijat robotik.

Tapi efek getaran fisik yang kita rasakan saat bepergian di dalam kendaraan belum dipahami dengan cukup baik, menurut profesor Stephen Robinson.

"Studi kami menunjukkan getaran yang stabil pada frekuensi rendah - jenis yang kami alami ketika mengendarai mobil dan truk - secara progresif menginduksi kantuk bahkan di antara orang-orang yang cukup istirahat dan sehat," kata Robinson yang berasal dari departemen psikologi di RMIT University, Australia.

"Ketika Anda lelah, tidak perlu banyak untuk mulai mengantuk dan kami telah menemukan bahwa getaran lembut yang dibuat oleh kursi mobil saat Anda mengemudi dapat meninabobokan otak dan tubuh Anda," lanjut Robinson.

Tim peneliti dari cross-disciplinary merekrut 15 orang untuk studi, meminta mereka untuk menggunakan simulator mengemudi yang dikembangkan di RMIT.

Itu didirikan pada platform, dirancang dengan cara yang menirukan pengalaman mengemudi di jalan raya dua jalur yang monoton.

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help