Peran Penting Mam

Inspirasi, Stimulasi, dan Nutrisi: 3 Kunci Penting Dukung Perkembangan Anak

Di masa paling penting ini, tidak hanya berat dan tinggi badan saja yang meningkat, tapi juga kemampuan anak, terutama perkembangan otaknya.

BizzInsight
Inspirasi, Stimulasi, dan Nutrisi: 3 Kunci Penting Dukung Perkembangan Anak
ISTIMEWA

TRIBUNNEWS.COM – Masa kecil adalah masa pertumbuhan dan perkembangan. Di masa paling penting ini, tidak hanya berat dan tinggi badan saja yang meningkat, tapi juga kemampuan anak, terutama perkembangan otaknya.

Tak hanya itu, masa ini merupakan periode penting terbentuknya fondasi kepintaran si kecil, di mana peran dan dukungan mam sangatlah penting.   

Dalam mewujudkan hal tersebut, ada tiga hal yang bisa mam lakukan saat masa pertumbuhan si kecil.

• Memberikan Inspirasi

Setiap mam pasti selalu punya #CARAPINTARMAM agar si kecil bisa tumbuh secara baik. Contohnya saja, saat berusia satu tahun, setelah enam bulan mam dan pap mulai mengajak si kecil untuk makan bersama, makanan yang dikonsumsi si kecil pun mulai berubah dari makanan cair menjadi makanan padat.

Pada usia ini, si kecil sudah mulai aktif dan tak bisa diam, apalagi ketika waktu makan. Makanya tak mengherankan jika kejadian Gerakan Tutup Mulut (GTM) dilakukan si kecil. Kalau sudah begitu, mam tak perlu kehabisan akal.

Ada banyak trik yang bisa mam praktikan. Misalnya saja, buat si kecil memilih makanannya sendiri. Namun ingat, tetap siapkan makanan yang sehat dan tepat untuk si kecil.

Makanan tersebut bisa berupa karbohidrat seperti nasi, roti, sereal atau kentang. Buah dan sayur seperti brokoli, wortel, pisang, dan pepaya. Serta yang paling terpenting, yakni protein hewani yang dapat ditemukan di bahan makanan seperti daging ayam, telur, kacang-kacangan dan susu.

Protein sangat penting bagi tubuh si kecil sebab memiliki peranan penting bagi sel tubuh. Sumber protein sendiri bisa Mam dapatkan pada ayam, telur, tahu, tempe, dan yang paling disukai si kecil yaitu susu

Jika si kecil masih sulit makan, ajaklah kakak atau teman yang lebih tua untuk makan bersama. Itu karena si kecil suka sekali meniru perilaku anak yang lebih tua.

Dan yang paling penting, supaya si kecil tak sulit makan, kenalkanlah pada mereka berbagai rasa makanan sehingga mam tahu rasa makanan apa yang mereka suka. Pada akhirnya si kecil dapat belajar makan secara baik.

• Berikan Stimulasi

Setelah si kecil tak lagi sulit makan, pada usia ini biasanya si kecil juga sudah mulai berbicara. Agar si kecil makin lancar dan gemar berbicara, mam dan pap bisa menceritakan kesibukan kalian.

Selain itu, jika si kecil mengatakan “cucu”, ketika menjawab gunakanlah kata yang benar “susu”  dan bisa menambahkan kata-kata baru seperti “susu ini sangat enak”. Hal ini tak hanya menambah kosakata si kecil namun juga memperlihatkannya cara menyusun kata.

Jika si kecil salah, ingat jangan koreksi ucapannya, sebab si kecil akan mulai merasa apapun yang dilakukan salah.

Ketika sedang bermain dan si kecil memberikan puzzle kesukaannya, tanyakan padanya “mam harus apa?”, komunikasi seperti ini akan memberikan semangat kepada si kecil untuk berbicara pada mam.

Tapi perlu diingat yah mam, hindarilah mengucapkan kata berlebih atau berbicara bahasa pergaulan yang tak si kecil mengerti. Ini untuk membuat si kecil bisa mengerti cara menyusun kata secara baik dan bermakna.

• Berikan Nutrisi yang Tepat.

Mam pasti selalu punya #CARAPINTARMAM dalam memberikan nutrisi yang tepat sesuai dengan usia dan tumbuh kembang si kecil dalam mendukung proses belajarnya.

Mam pun bisa menerapkan 3J dan 1A yang terdiri dari Jumlah porsi sesuai kebutuhan si kecil, Jenis makanan yang bervariasi, Jadwal makan yang sesuai dengan si kecil, dan Aman dari bahan-bahan berbahaya.

Makanan yang bisa dikonsumsi pun terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, dan jangan lupakan nutrisi penting yang terkandung dalam susu pertumbuhan seperti S-26 Procal dengan Nutrissenstials yang menggandung tinggi protein, kalsium, dan vitamin; serta mengandung asam linoleat dan kayak zat besi, lodium, zink, dan vitamin B 12.    

Mam pun tak perlu ragu sebab 9 dari 10 mams merekomendasikan S-26 Procal dengan Nutrissentials, karena susu satu ini tinggi protein, kalsium, dan vitamin D. Serta mengandung asam linoleat dan kaya zat besi, lodium, zink, dan vitamin B12.

Semua kandungan di atas sangatlah penting dalam mendukung langkah awal kepintaran si kecil.

Bahkan jika belum merasa yakin, mam bisa melihat pengalaman mereka yang sudah mencoba S-26 disini.

Dari penjabaran di atas, bisa mam simpulkan jika kombinasi inspirasi, stimulasi, dan nutrisi sangatlah penting dalam pertumbuhan dan perkembangan si kecil, serta merupakan salah satu #CARAPINTARMAM dukung fondasi belajar si kecil.

Penulis: Firda Fitri Yanda    

Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved