Perlakuan Orangtua yang Tanpa Sadar Bisa Merusak Mentalitas Anak

Tidak dapat disangkal bahwa orangtua mempunyai peran terbesar dalam membentuk masa depan anak.

Perlakuan Orangtua yang Tanpa Sadar Bisa Merusak Mentalitas Anak
Thinkstock
Ilustrasi anak mengalami depresi 

TRIBUNNEWS.COM - Menjadi orangtua memang berat. Dapat dikatakan sebagai 'pekerjaan' tersulit di dunia. Anak-anak dipengaruhi oleh segala sesuatu di sekitar mereka, teman sebaya hingga guru di sekolah.

Namun, tidak dapat disangkal bahwa orangtua mempunyai peran terbesar dalam membentuk masa depan mereka.

Dikutip Independent.co.uk, ada seorang psikolog mengungkapkan bahwa nada bicara yang orangtua keluarkan pada anak, cara orangtua mengutarakan sesuatu atau pelabel yang diberikan kepada si Kecil bisa memiliki dampak jangka panjang yang tidak menyenangkan.

Psikolog klinis Ma. Lourdes 'Honey' Carandang menjelaskan kepada Inquirer.net bahwa ada 4 perilaku orangtua dapat merusak kesehatan jiwa anak di masa depan sang anak.

Baca: Ingin Bayi Tumbuh Cerdas? Ini Makanan yang Disarankan untuk Ibu Menyusui

1. Membandingkan anak dengan anak lain

Orangtua mungkin mencintai anak-anak mereka dalam jumlah yang sama.

Dan terkadang orangtua juga mempunyai kecenderungan untuk mengenalkan anak-anak mereka kepada orang lain dengan sebuah 'kualifikasi' tertentu.

Tetapi jika salah satu anak sudah mempunyai lebih banyak prestasi daripada anak yang lainnya, jangan pernah membandingkan mereka berdua.

Sebab hal itu mempunyai dampak di kemudian hari. Contohnya, "Ini anak perempuanku yang pintar, Sarah. Ini anak bungsuku, Max."

"Itu jenis intimidasi yang sangat halus. Itu menghina, membuat kepercayaan diri menurun (anak yang lain). Orang tua bisa bersalah dan mereka tidak sadar," kata Dr Carandang.

Halaman
123
Editor: Willem Jonata
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved