Hasil Survei Tantan Seputar Tekanan Sosial pada Kalangan Perempuan Muda

55% perempuan menyatakan tekanan sosial menghalangi mereka dalam proses eksplorasi untuk menemukan jati diri

Hasil Survei Tantan Seputar Tekanan Sosial pada Kalangan Perempuan Muda
Google Play
Aplikasi Tantan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tantan, aplikasi yang memberikan pengalaman untuk terhubung dengan kenalan baru, mengumumkan hasil survei pertamanya di Indonesia.

Survei itu dilakukan  guna menemukan dampak tekanan sosial terhadap proses eksplorasi dan penemuan jati diri pada perempuan muda di Indonesia.

Bekerja sama dengan institusi penelitian independen, Tantan menyurvei lebih dari 1.000 perempuan berusia 18 hingga 35 tahun di 32 provinsi di Indonesia, secara online.

Ideal yang diharapkan kelompok sosial mempengaruhi kehidupan perempuan muda

Hasil survei menunjukkan, keluarga menempati peringkat teratas sebagai sumber tekanan sosial terbesar diikuti rekan (di sekolah/universitas, dan kantor) dan teman ketika responden diminta menyebutkan sumber tekanan sosial dari terbesar hingga terkecil.

Dari beragam sumber tekanan sosial, suatu kesamaan yang dirasakan responden adalah ekspektasi yang dibebankan kepada mereka.

Responden menyatakan bahwa hal ideal yang diharapkan oleh suatu kelompok menjadi beban terbesar.

Ekspektasi lainnya yang menjadi tekanan terbesar kedua yaitu dorongan untuk memiliki kesamaan norma serta pola pikir dengan anggota lainnya di dalam kelompok.

Beban dari ekspektasi tersebut mendorong lebih dari 63% perempuan untuk berusaha menjadi ideal, seperti yang diharapkan kelompok, walaupun tidak sesuai nilai yang mereka junjung.

Bahkan, dari survei versi Tantan, 55% perempuan menyatakan tekanan sosial menghalangi mereka dalam proses eksplorasi untuk menemukan jati diri.

Halaman
12
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved