• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Jakarta

Tuyul Ditangkap Warga Kramat Jati

Selasa, 18 Januari 2011 20:23 WIB
Tuyul Ditangkap Warga Kramat Jati
net
Ilustrasi
Laporan Wartawan Tribunnews, Nurmulia Rekso P

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -
Warga Kramat Jati, Jakarta Timur geger dengan kabar ditangkapnya mahluk halus bertubuh kecil yang kerap mencuri uang. Makhluk yang kerap disebut Tuyul tersebut kini dimasukkan ke dalam botol, dan diletakan di teras rumah milik Niah (65), di Jalan Batu Tumbuh RT 01/06 No 71, Kramatjati, Jakarta Timur.

Salah seorang cucu Niah yang bernama Awaludin (30), saat ditemui wartawan di lokasi penyekapan Tuyul, Selasa (18/01/10), mengaku sejak pertengahan tahun lalu, uang miliknya sering hilang secara misterius. Mulai dari Rp50 ribu, hingga Rp100 ribu. Seringnya, uang tersebut adalah uang dari dalam dompetnya, dan hilang pada malam hari.

Namun yang paling parah, adalah beberapa minggu lalu. Yakni ketika ia kehilangan hingga Rp300 ribu yang ia simpan di dalam lemari kamar.

Saat itu, ia mengaku menyimpan uang sebesar Rp1,5 juta. Namun pagi harinya ia temukan uang miliknya hanya bersisa Rp.1,3 juta."Saya tahu besok paginya, ternyata uang saya sudah berkurang" ungkapnya.

Hal yang sama dituturkan oleh salah seorang tetangga Awal yang bernama Iwan (36), yang mengaku kerap kehilangan uang mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp50 ribu. Hal itu juga mulai terjadi sejak pertengahan tahun lalu. Bahkan pada suatu hari, uangnya sebesar Rp550 ribu sempat hilang secara misterius.

"Hilang di dompet, saya juga bingung kenapa bisa hilang" katanya.

Menanggapi keresahan warga, salah seorang sepupu Awal yang bernama Indra (38), beserta kakak kandungnya, Wahyumi (40), kemudian berencana menangkap mahluk halus yang dituding menjadi penyebab dari hilangnya uang warga. Akhirnya kemarin malam, Senin (17/01/11), mahluk tersebut dapat ditangkap dan lalu dimasukkan ke dalam botol.

Iwan mengatakan dengan berhasil ditangkapnya tuyul ini, ia berharap tak ada lagi warga yang kerap kehilangan uang secara misterius. Namun demikian, Iwan menjelaskan bahwa salah seorang penangkap Tuyul, Wahyumi mengatakan kepadanya, bahwa masih ada sekitar sepuluh Tuyul lagi yang berkeliaran di lingkungan sekitar.

"Masih ada lagi, dan warga harus hati-hati" katanya.

Berdasarkan pantauan Tribunnews, di dalam botol kaca tersebut, tidak ada apapun di dalamnya yang dapat terlihat secara kasat mata. Hal yang sama juga dituturkan oleh Awal dan Iwan, namun demikian, mereka meyakini bahwa ada sesosok Tuyul di dalam botol tersebut.
Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Yulis Sulistyawan
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas