• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Jakarta

Harga Sheet Pile Tanggul Kalimalang Rp 6 Juta Perlembar

Jumat, 2 September 2011 16:16 WIB
Harga Sheet Pile Tanggul Kalimalang Rp 6 Juta Perlembar
/Warta Kota/Henry Lopulalan
Sejumlah pekerja memperbaiki tanggul Kali Buaran yang jebol dialiran Kalimalang, kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (1/9/2011). Jebolnya tanggul air sejak Rabu (31/8) malam, tersebut berimbas pada terganggunya pasokan air bersih ke warga Jakarta karena aliran air baku ke instalasi pengolahan air di Pejompongan terhenti total. (Warta Kota/Henry Lopulalan)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Salah satu bantuan yang diberikan Pemprov DKI untuk memperbaiki tanggul Kalimalang yang jebol adalah dengan memberikan 60 lembar baja untuk tiang pancang (sheet pile). Harga sheet pile perlembarnya diperkirakan sekitar Rp 6 juta.

Demikian disampaikan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum, Muhamad Amron, yang menjelaskan pemasangan 60 sheet pile tersebut merupakan bantuan dari Pemprov DKI dan ditargetkan selesai dipasang pada hari ini, Jumat (2/9/2011). Menurutnya harga sheet pile perlembarnya sekitar Rp 6 juta, namun total biaya pemasangan sheet pile dan pembuatan tanggul sementara belum dapat dihitung.

"Saat ini tiga kendaraan alat berat jenis eksakavator telah dikerahkan ke lokasi. Rencananya siang ini akan dikirim lagi dua alat berat jenis hammer untuk pemasangan paku bumi. Kalau proses pembendungan Kalimalang, sudah selesai kemarin," ujar Amron, Jumat (2/9/2011).

Dikatakannya, saat ini air tengah dialihkan ke intake Pondok Kelapa yang selanjutnya masuk ke instalasi penyulingan air bersih di Pulogadung. Menurutnya jika sheet pile sudah selesai terpasang, maka bendungaan sudah bisa dibuka kembali sehingga air dapat mengalir ke Pejompongan seperti biasa dan pasokan air baku ke tempat penampungan air milik PT Palyja tidak lagi terganggu.

"Proses pembendungan sudah selesai kemarin. Namun kalau untuk pembuatan tanggul permanen seperti semula, dibutuhkan waktu sekitar satu tahun dengan anggaran sekitar Rp 1 miliar sampai Rp 2 miliar," imbuhnya.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Johnson Simanjuntak
0 KOMENTAR
155983 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas