Siswa Pukuli Wartawan

SMA 6 Jakarta, Sekolahnya Orang-orang Hebat

SMA 6 Jakarta selama ini juga dikenal telah melahirkan banyak tokoh-tokoh hebat di negeri ini.

SMA 6 Jakarta, Sekolahnya Orang-orang Hebat
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Wartawan melakukan aksi unjukrasa memprotes pengeroyokan oknum siswa SMAN 6 Jakarta Selatan terhadap kameramen Trans 7, di Jakarta Selatan, Senin (19/9/2011). Sejumlah wartawan terluka parah pada peristiwa itu karena dikeroyok oknum siswa SMAN 6 Jakarta Selatan.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Nama SMA 6 Jakarta yang berlokasi di Jl Mahakam I Kebayoran Baru Jakarta Selatan, sontak terkenal dalam dua hari belakangan. Sayangnya ketenaran nama sekolah itu bukan lantaran prestasi dari para siswanya, melainkan karena aksi pemukulan dan pengeroyokan yang dilakukan oleh para pelajar di sekolah itu terhadap beberapa wartawan dan fotografer media massa.

Di luar kejadian itu, SMA 6 Jakarta sebenarnya memang sejak lama sudah dikenal oleh warga ibukota. Di samping tradisi tawuran yang sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu antara sekolah itu dengan SMA 70 yang merupakan sekolah tetangganya, SMA 6 Jakarta selama ini juga dikenal telah melahirkan banyak tokoh-tokoh hebat di negeri ini.

Sebut saja misalnya nam Linda Amalia Sari alias Linda Agum Gumelar. Wanita yang kini menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak itu adalah satu diantara puluhan alumni yang dilahirkan oleh SMA 6 Jakarta.

Selain Linda masih ada sederet tokoh hebat lainnya, misalnya Rano Karno (wakil bupati Tangerang), Dibyo Widodo (mantan Kapolri), Adnan Buyung Nasution (pengacara senior), Dede Yusuf (Wakil Gubernur Jawa Barat), hingga Mahfud Sidik, politisi PKS yang kini menjadi KEtua Komisi I DPR RI.

Di kalangan seniman dan artis, alumni SMA 6 juga banyak yang menjadi orang hebat, misalnya Christine Hakim, Maudi Koesnaedi, Bucek Depp, Erwin Gutawa, Titi Qadarsih, Ayu Azhari, hingga Lidya Kandou.

Tak hanya itu, alumni SMA 6 bahkan juga ada yang menjadi wartawan terkenal, seperti presenter Metro TV Najwa Shihab. Puteri mantan Menteri Agama Quraish Shihab itu adalah lulusan SMA 6 Jakarta tahun 1996.

Beberapa alumni terkenal SMA 6:

Adnan Buyung Nasution, Aldri Dataviadi (bassis grup band Samsons), Anissa Hadad, Aryo Wahab, Aulia Sarah, Ayu Azhari, Bams Samsons, Benny Pandjaitan (pentolan grup band Panbers), Brian Kresna Putro (drummer grup band Sheila on 7), Bucek Depp, Christine Hakim, Cindy Fatika Sari, Dadang Kafrawi, Dede Yusuf, Denny Malik, Dibyo Widodo, Dinna Olivia, Erwin Gutawa, Girindra Kara, Hikmahanto Juwana, Idang Rasjidi, Intan Nuraini, Lidya Kandou, Linda Agum Gumelar, Loemongga, Maudy Koesnaedi, Najwa Shihab, Nia Paramitha, Rano Karno, Revalina S Temat, Ririn Dwi Ariyanti, Tino Karno, Tya Ariestya, Saskia, Venna Melinda, Yessi Gusman, Ida Royani, Titi Qadarsih, Ira Maya Sopha

Penulis: Dodi Esvandi
Editor: Budi Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help