• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 Juli 2014
Tribun Jakarta

109 Unggas di Ceger Ditembak dan Dipotong

Jumat, 20 Januari 2012 20:52 WIB
109 Unggas di Ceger Ditembak dan Dipotong
TRIBUNNEWS.COM/BIAN HARNANSA/TRIBUNNEWS.COM/BIAN HARNANSA
Petugas Suku Dinas Peternakan dan Perikanan saat melakukan penertiban dan pemusnahan unggas di salah satu rumah di Jalan Tebet Barat Dalam, Jakarta Selatan, Selasa (10/1). Penertiban rutin dilakukan untuk mengantisipasi merebaknya virus flu burung dipemukiman warga. (TRIBUNNEWS.COM/BIAN HARNANSA)

Laporan Wartawan Tribunnews.com Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah memusnahkan 243 unggas di daerah Ceger, Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur, kembali merazia dan memusnahkan 109 unggas di Kampung Makassar, Jakarta Timur.

"Hal ini dalam rangka penegakan Perda nomor 04/2007 tentang Pengendalian dan Pemeliharaan hewan unggas," kata Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur, Sabdo Kurnianto, Jumat (20/1/2012).

Menurutnya, 109 unggas ini terdiri dari ayam 40 ekor, entok 7 ekor, dan merpati 62 ekor. "Untuk merpati kita tembak karena sulit ditangkap, sedangkan ayam dan entok dipotong," ungkapnya.

Lebih jauh, Sabdo mengatakan pihaknya akan menggelar razia ini secara rutin dan berkala tanpa pemberitahuan. "Ini dilakukan agar razia lebih efektif," jelasnya.

Dalam razia kali ini, petugas yang diterjunkan berjumlah 30 personil yang terdiri dari unsur Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur, Satpol PP Kecamatan dan kelurahan setempat. Selain itu, razia juga melibatkan petugas Balai Kesehatan Hewan dan Ikan (BKHI) Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta untuk mengambil sampel kotoran dan darah unggas guna diperiksa di laboratorium BKHI.

"Hasil pemeriksaan kotoran baru diketahui 2-3 hari kemudian. Sedangkan darah baru diketahui setelah dua hari," tambah Sabdo.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Ade Mayasanto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
207156 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas