Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Jakarta

Pendatang di Jakarta Sering Sebabkan Kebakaran

Rabu, 22 Februari 2012 18:18 WIB

Pendatang di Jakarta Sering Sebabkan Kebakaran
tribunnews.com
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebakaran di Jakarta seringkali terjadi di perumahan padat penduduk, rumah kontrakan, atau kos-kosan. Sebagian besar yang tinggal di pemukiman seperti itu merupakan pendatang dari daerah lain.

Kabid Partisipasi Masyarakat Dinas Damkar dan PB DKI, Rimawati, menjelaskan dari sebab umum terjadinya kebakaran di Jakarta tersebut, artinya pihak yang seringkali mengakibatkan kebakaran adalah penduduk pendatang.

"Biasanya mereka tinggal di rumah kontrakan dan kos-kosan. Pendatang juga cenderung tak ada rasa memiliki akan keamanan rumah yang ditempati dan kurang melakukan pencegahan kebakaran," ujar Rima, Rabu (22/2/2012).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kata Rima, pihaknya telah meminta suku dinas Damkar di wilayah masing-masing untuk memberikan pembinaan teknis dan penyuluhan bagi penghuni kontrakan serta kos-kosan. Tujuannya agar para pendatang ini turut menjaga keamanan rumah dari bencana kebakaran.

"Kami juga sudah memberikan sumber bahan pemadam kebakaran kepada masyarakat seperti 1.421 hidran air, 87 tandon air dan 10 tangki air. Harapan kami agar mereka bisa cepat memadamkan api atau mencegah meluasnya kebakaran," tandasnya.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Johnson Simanjuntak

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas