• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 16 September 2014
Tribun Jakarta

Lebaran Harga Daging Sapi di Jakarta Rp 120 Ribu/Kg

Minggu, 11 Maret 2012 10:06 WIB
Lebaran Harga Daging Sapi di Jakarta Rp 120 Ribu/Kg
/TRIBUN MEDAN/TAUFAN WIJAYA
Daging sapi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penurunan jumlah kuota daging sapi impor yang dilakukan pemerintah dinilai dapat menimbulkan lonjakan harga daging sapi di Jakarta, terutama saat Lebaran. Diprediksi, harga daging sapi bisa mencapai Rp 120 ribu per kilogram saat Lebaran jika kuota impor tak ditambah.

Menurut Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI, Sarman Simanjorang, harga daging sapi di Jakarta saat ini sudah mencapai Rp 75 ribu sampai Rp 80 ribu per kilogram. Pemerintah saat ini, katanya, membatasi impor daging sapi 34 ribu ton per tahun untuk kebutuhan seluruh Indonesia.

"Tahun kemarin kuotanya masih 100 ribu ton. Jakarta sendiri butuh 50 ribu sampai 60 ribu ton daging sapi per tahun. Kalau begini, harga daging sapi bisa Rp 120 ribu per kilogram saat Lebaran," ujar Sarman, Minggu (11/3/2012).

Sarman menyarankan sebaiknya pemerintah mengeluarkan kebijakan khusus untuk Jakarta mengenai kuota impor daging sapi. Menurutnya harus ada kuota khusus untuk Jakarta dalam mengimpor daging sapi, yakni sebanyak 50 ribu sampai 60 ribu ton per tahun.

"Kemungkinan para pengusaha akan melakukan audiensi ke Kementerian terkait dan melaporkan kondisi ini ke Gubernur DKI Fauzi Bowo. Kondisi ini bisa lebih parah kalau harga BBM benar-benar naik," jelasnya.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Dewi Agustina
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
342022 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas