• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 20 April 2014
Tribun Jakarta

Tiga Proyek PU DKI Segera Ditender

Minggu, 11 Maret 2012 10:33 WIB
Tiga Proyek PU DKI Segera Ditender
Tribunnews.com/Bahri Kurniawan
Ir. Heru Suwondo, Kasi PP Simpang Tak Sebidang Dinas PU DKI Jakarta.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bahri Kurniawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sedikitnya tiga proyek pembangunan jalan dari Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta akan masuk proses tender tahun ini. Ketiga proyek tersebut adalah proyek pembangunan fly over di Mangga Dua, proyek pembangunan fly over di Gunung Sahari dan proyek pembangunan underpass di Cendrawasih. Ketiga proyek ini direncanakan akan segera mulai memasuki proses lelang.

"Ada 3 proyek yang akan masuk proses lelang, ini baru mau ya belum mulai prosesnya," ujar Kasi PP Simpang Tak Sebidang Ir. Heru Suwondo saat dihubungi via telpon, Minggu (11/3/2012).

Dinas PU DKI Jakarta saat ini tengah dalam proses pembangunan tiga proyek yaitu proyek Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari Blok M yang sudah dimulai sejak november 2010 dan ditargetkan selesai Agustus tahun ini. Kemudian proyek pembangunan Jalan Raya Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-TanahAabang yang sudah dimulai sejak November 2010 dan ditargetkan rampung akhir tahun ini. Sedangkan proyek ketiga proyek pembangunan fly over Pulogebang yang telah dimulai sejak Januari 2012 dan rencananya selesai akhir tahun ini.

Heru menjelaskan, dalam proses pembangunan sebuah proyek PU sebelumnya sudah memiliki rencana dalam bentuk rancangan strategis, rencana ini kemudian diusulkan ke Pemda DKI yang meneruskan ke Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) DKI untuk kemudian meminta persetujuan DPRD.

Sedangkan dalam pelaksanaan pembangunan proyek, sejak tahun 2006 Dinas PU DKI Jakarta sudah memakai sistem multiyears dimana dalam pembangunan proyek yang membutuhkan waktu lebih dari satu tahun masa anggaran, tidak perlu dilakukan lelang ulang pada tahun anggaran sebelumnya.

"Dengan sistem multiyears ini, waktu pengerjaan menjadi lebih efisien karena tidak perlu dilakukan proses lelang berulang-ulang yang menghabiskan banyak waktu," ujar Heru.

Editor: Dewi Agustina
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
342092 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas