• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribun Jakarta

Foke: Atasi Banjir Kiriman Masih Susah

Rabu, 4 April 2012 16:56 WIB
Foke: Atasi Banjir Kiriman Masih Susah
tribunnews.com/danang setiaji
Banjir di Cileduk Indah Rabu (4/4/2012)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banjir yang terjadi di Jakarta selama dua hari ini tak lepas dari sumbangan banjir kiriman dari wilayah Bogor. Gubernur DKI Fauzi Bowo pun mengaku belum ada resep paten untuk mencegah banjir kiriman.

Pria yang biasa disapa Foke ini mengatakan dua sampai tiga hari lagi diprediksi curah hujan di Jakarta masih tinggi. Menurutnya ada beberapa wilayah, yang walaupun tidak hujan namun tetap tergenang banjir.

"Banjir kiriman ini belum ada resep patennya, khususnya wilayah barat. Kalau wilayah timur, sudah ada Kanal Banjir Timur. Untuk jangka panjangnya, kami perlu membuat sodetan seperti Cengkareng Dry untuk mengalirkan air langsung ke laut," kata Foke, Kamis (4/4/2012).

Foke menjelaskan upaya lain yang dilakukan pihaknya untuk mencegah banjir di Jakarta seperli melakukan normalisasi sungai di Pesanggrahan dan kali Angke. Menurutnya pada kedua sungai tersebut, terjadi penyempitan karena penggunaan bantaran sungai sehingga tidak mampu menampung volume air.

"Kami juga bekerja sama dengan Balai Besar Kementerian Pekerjaan Umum dalam rangka normalisasi sungai dan pembebasan tanah. Karena bantaran digunakan tak sesuai peruntukkannya, lebar sungai jadi menyempit," pungkasnya.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Willy Widianto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
414551 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas