Senin, 24 November 2014
Tribun Jakarta

Baru 5,5 Juta Warga Ibu Kota Terdata e-KTP

Jumat, 13 April 2012 10:28 WIB

Baru 5,5 Juta Warga Ibu Kota Terdata e-KTP
Tribun Kalteng/Faturahman
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Sebanyak 5.5 juta penduduk DKI Jakarta dipastikan sudah terdata dalam program e-KTP, dari 7,3 warga Ibu Kota secara keseluruhan. Akhir bulan ini, batas akhir pendataan bagi wilayah yang masuk tahap pertama program e-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Purba Hutapea, mengatakan pendataan e-KTP di Jakarta saat ini baru 73 persen. Ia mengingatkan kepada warga yang belum datang ke kelurahan, agar segera datang untuk didata e-KTP.

"Kami juga sudah menganggarkan dana Rp 7,1 miliar untuk pengadaan perangkat e-KTP. Tiap kelurahan harus punya perangkat e-KTP. Kami sudah mendapat hibah 88 perangkat e-KTP dari Kemendagri, tetapi tetap akan kami tambah 169 perangkat lagi," Purba menjelaskan, Jumat (13/4/2012).

Purba menuturkan, pengadaan perangkat e-KTP ini masih dalam tahap persiapan lelang. Ia menargetkan pada 2012 ini pengadaan perangkat e-KTP sudah bisa dilakukan. "1 Januari 2013, semua kelurahan sudah menggunakan perangkat e-KTP," jelasnya.

Sebelumnya, sebanyak 1,37 juta bentuk fisik e-KTP telah diserahkan ke Kemendagri ke Dinas Dukcapil DKI. Saat ini bentuk fisik e-KTP tersebut mulai didistribusikan ke tiap kelurahan walau belum semua kelurahan menerimanya karena belum mempunyai alat smart card reader.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Rachmat Hidayat

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas