• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribun Jakarta

Buku Pelajaran Harus Direkomendasikan Pakar Pendidikan

Jumat, 13 April 2012 18:24 WIB
Buku Pelajaran Harus Direkomendasikan Pakar Pendidikan
TRIBUNNEWS.COM/WAHYU AJI
LKS muatan lokal Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta yang memuat kisah Bang Maman dari Kali Pasir. LKS ini diprotes para orangtua murid, karena isinya dianggap merusak moral siswa.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta bakal membuat aturan baru untuk buku pelajaran para siswa. Buku tersebut harus mendapat rekomendasi dari pakar pendidikan.

Menurut Wakil Kepala Disdik DKI Jakarta Agus Suradika, buku pelajaran harus mendapatkan rekomendasi atau penelahaan, serta pengkajian dari pakar pendidikan yang ahli di bidang mata pelajaran tertentu. Pakar tersebut harus bernaung dalam lembaga independen yang bergerak dalam dunia pendidikan.

"Kami ingin mendorong pakar pendidikan beserta lembaga independen pemerhati pendidikan, terlibat memberikan penilaian terhadap sebuah buku pelajaran. Mereka akan turut memeriksa mulai dari pemasangan kata dan kalimat, hingga materi pelajaran yang termuat dalam buku tersebut," ujar Agus, Jumat (13/4/2012).

Sekolah, lanjutnya, juga dilarang menggunakan buku pelajaran yang tidak ada rekomendasi penilaian, penelahaan, dan pengkajian dari para pakar pendidikan atau lembaga independen pemerhati pendidikan.

Jika tidak ada penilaian, buku pelajaran tersebut masih belum memenuhi syarat untuk dipakai peserta didik.

"Saya harap panduan itu sudah bisa selesai tahun ini. Kami ingin pihak sekolah punya panduan untuk memilih buku pelajaran yang baik. Kemudian, penerbit atau pengarang sudah memiliki aturan untuk meminta penilaian dari pakar pendidikan atau lembaga independen lainnya," jelasnya. (*)

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Yaspen Martinus
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
439872 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas