• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Tribun Jakarta

2013, Jakarta Canangkan Wajib Belajar 12 Tahun

Senin, 16 April 2012 12:44 WIB


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Usai memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di tiga sekolah, Gubernur DKI Fauzi Bowo menyatakan pihaknya sudah siap untuk menyelenggarakan program wajib belajar 12 tahun mulai 2013.

Pria yang biasa disapa Foke ini mengatakan dirinya yakin program wajib belajar 12 tahun akan sukses karena tingkat kesadaran warga Jakarta terhadap pendidikan sudah jauh lebih tinggi. "Indikator lama sekolah di Jakarta sudah mencapai 11,4 tahun. Ini menunjukkan bahwa hampir semua warga Jakarta telah menempuh pendidikan di jenjang SLTA," ujar Foke, Senin (16/4/2012) saat ditemui di SMAN 89.

Foke menjelaskan persiapan ke arah tersebut sudah dimulai sejak beberapa waktu yang lalu. Antara lain memperkuat kompetensi guru-guru SMA dan SMK serta penambahan ruangan kelas di tingkat SLTA. Menurutnya dari sisi anggaran, kemampuan APBD DKI sangat menunjang.

"Tahun ini Pemprov DKI mengalokasikan sekitar 28,93 persen dari APBD untuk pembangunan pendidikan. Mulai tahun depan sudah tidak ada lagi warga Jakarta yang tidak meneruskan pendidikan ke SMA atau SMK," ucapnya.

Foke menambahkan, sejak lima tahun terakhir pihaknya juga telah memberikan bantuan langsung untuk SMA dan SMK negeri di Jakarta dalam bentuk Biaya Operasional Sekolah (BOP) dan Biaya Opersional Buku. Melalui BOP, kata Foke, setiap siswa SMA dan Madrasah Aliyah mendapat bantuan Rp 900 ribu per tahun. Sedangkan siswa SMK lebih besar yaitu 1,8 juta per tahun.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Gusti Sawabi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
445951 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas