• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Jakarta

Budaya Betawi Mampu Menyokong Kosmopolitanisme

Sabtu, 21 April 2012 09:27 WIB
Budaya Betawi Mampu Menyokong Kosmopolitanisme
TRIBUN JAKARTA/BAHRI KURNIAWAN
JJ Rizal budayawan Betawi

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Bahri Kurniawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Keanekaragaman yang melekat pada unsur kebudayaan Betawi, menurut Sejarawan JJ Rizal mampu mengakomodasi konsep kosmopolitan.

"Kalau orang bicara mengenai bagaimana metropolitan, kebudayaan betawi sesungguhnya adalah kebudayaan yang mampu menyokong kosmopolitanisme, karena begitu inklusif dan terbuka terhadap begitu banyak unsur budaya," tutur JJ Rizal kepada Tribun, dalam gelaran Betawi Punye Gaye, Kamis (19/04/2012).

Menurut JJ Rizal, unsur budaya Betawi juga diterima dengan egalitarianisme dan dimanifestasikan dalam bentuk memperlihatkan aspek demokratis yang kuat dalam bahasa dalam pergaulan. Hal tersebut merupakan modal yang sangat berharga bagi Jakarta dan budaya kosmopolitan tanpa harus menjadi konflik.

"Modal ini bisa berjalan tanpa harus menjadi konflik, budaya betawi memperlihatkan bagaimana perbedaan dapat ditampung tanpa harus terjadi konflik tetapi sebagai rahmat dan sesuatu yang indah. Bagaimana perbedaan diterima dan diposisikan sebagai modal sosial," terang Rizal.

Rizal juga melihat kecenderungan kepedulian akan pelestarian kebudayaan Betawi sudah menjadi kepedulian masyarakat Jakarta secara luas Tidak hanya terbatas pada masyarakat Betawi. Jadi, menurutnya kalau ada yang bilang budaya Betawi terpinggirkan, tidak sepenuhnya benar.

"Ternyata yang menjadi pendukung budaya Betawi bukan hanya orang Betawi, tetapi juga masyarakat urban di Jakarta, ini yang menyenangkan. Hal ini karena Betawi sendiri merupakan budaya Urban," papar Rizal.

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Jakarta
0 KOMENTAR
461191 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas