• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 18 April 2014
Tribun Jakarta

Ratusan Sopir Angkot KWK 31 Geram Pungli Preman

Senin, 23 April 2012 20:06 WIB
Ratusan Sopir Angkot KWK 31 Geram Pungli Preman
IST
ilustrasi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ratusan sopir angkutan kota (angkot) KWK 31 jurusan Pulogadung-Pejuang Jaya resah, lantaran dipaksa menyetor uang sebesar Rp 6.000 oleh preman atau timer penumpang di sekitar Terminal Pulogadung, Jakarta Timur.

”Dalam sehari, kami bisa enam sampai tujuh kali bolak-balik ke terminal. Sehingga uang yang mesti kami bayar lebih dari Rp 30 ribu. Belum lagi setoran wajib ke bos sebesar Rp 6.500,” kata Sadar (43), sopir angkot, Senin (23/4/2012).

Tarigan (53), seorang sopir angkot KWK 31 lainnya, menuturkan bahwa praktek pungutan liar (pungli) seperti itu sudah terjadi sejak dua pekan terakhir.
Mereka tak berani melawan lantaran disinyalir para preman tersebut dibekingi oleh kelompok oknum tertentu.

”Kalau enggak dikasih mereka marah. Bahkan ada yang pernah diancam gara-gara menolak memberikan uang Rp 6.000. Sebenarnya, kami mau memberikan retribusi asal penggunaannya jelas,” keluh Tarigan.

Effendy Sirait, pengawas KWK 31 di Terminal Pulogadung membenarkan hal tersebut. Praktek pungli ini sudah ia ketahui dari laporan para sopir KWK 31 sejak beberapa hari lalu.

”Kami juga sudah melaporkan hal ini ke polisi yang ada di lapangan, tapi sampai sekarang belum ditindaklanjuti,” bebernya.

Sirait menambahkan, para preman tersebut meminta uang dengan alasan uang jalur, dan uang koordinasi dengan kepolisian setempat. Mengenai tempat ngetem angkot yang bergeser dari dalam menjadi ke luar terminal, ia menyebutkan, hal itu lantaran, para sopir terusir oleh oknum Mayasari Bakti 51 jurusan Pulogadung-Tanjung Priok.

”Sebelumnya angkot KWK 31 ngetem di dalam, tapi sudah tidak lagi karena lokasinya sudah dikuasai sama oknum Mayasari 51,” paparnya.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Anwar Sadat Guna
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
467961 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas