• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Tribun Jakarta

KPU DKI Minta Tim Kampanye Calon Independen Lebih Giat

Rabu, 25 April 2012 08:21 WIB
KPU DKI Minta Tim Kampanye Calon Independen Lebih Giat
KPU DKI
Maskot KPU DKI

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - KPU DKI Jakarta meminta tim kampanye calon independen lebih giat. KPUD yang saat ini telah menyelesaikan verifikasi administrasi lalu menggelar verifikasi faktual bagi dua pasangan calon independen.

"Tim kampanye harus giat, harus ada di kelurahan, dan kumpulkan pendukung untuk diverifikasi dan mengerahkan tenaganya untuk door to door," kata ketua Pokja Pencalonan KPU DKI Jakarta, Jamaluddin F Hasyim di Jakarta, Selasa (24/4/2012).

Jamaluddin mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan tim sukses agar verifikasi faktual lebih maksimal. "Harus lebih baik dan siap dibanding yang lalu," tuturnya.

Ia mengatakan KPU DKI Jakarta telah memanggil tim kampanye kedua pasangan calon yakni Faisal Basri-Biem Benyamin dan Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria. Tim kampanye itu diberikan arahan oleh KPU DKI Jakarta.

Jamalauddin mengatakan pada verifikasi tahap II ini, pelaksana langsung dilakukan oleh KPU DKI Jakarta. "PPS (Panitia Pemungutan Suara)  hanya melaksanakan tugas dari KPU Provinsi, jadi kendali dari KPU  Provinsi," kata Jamal.

Prinsip yang akan digunakan memakai sistem undang, kunjungi dan undang. PPS akan mengundang pendukung pasangan calon independen di lokasi yang telah disepakati. Kemudian dapat pula datangi kerumahnya. Bila tidak bertemu PPS memberikan surat undangan sampai terakhir tanggal 4 Mei 2012.

"Jadi pelaksanaan verifikasi mulai 24 April sampai 11 Mei 2012. 5-7 Mei rekapitulasi hasil, dan ditunggu 4 Mei kalau yang bersangkutan tidak hadir maka tidak mendukung," imbuhnya.

Data KPU menunjukkan pasangan Faisal Basri-Biem Benyamin saat mengumpulkan dukungan sebanyak 381.490. Kemudian diverifikasi administrasi, KPU DKI Jakarta menyatakan sebanyak 10.164 KTP tidak memenuhi syarat.

"Jadi yang tersisa dan difaktualkan sebanyak 371.326 dukungan," kata Jamaluddin.

Sedangkan pasangan Hendardji Soepandji-Ahmad Riza Patria menyerahkan 29.698 dukungan. Sebanyak 92 dukungan dinyatakan tidak memenuhi syarat.

"Jadi yang akan diverifikasi 29.606 dukungan," kata Jamaluddin.

Jamaluddin mengatakan pasangan Faisal-Biem harus memenuhi dukungan sebanyak 190.756 sedangkan Hendardji-Riza sejumlah 14.983 agar dapat bertarung di Pilkada DKi.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Gusti Sawabi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
472292 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas