Rabu, 26 November 2014
Tribun Jakarta

May Day, Polda Metro Kerahkan 16.167 Personel

Rabu, 25 April 2012 07:36 WIB

May Day, Polda Metro Kerahkan 16.167 Personel
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ribuan buruh melakukan longmarch dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Istana Merdeka, Jakarta Pusat, dalam peringatan hari buruh sedunia atau may day, Minggu (1/5/2011). Buruh dari berbagai organisasi ini mendesak pemerintah mensahkan RUU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (PJS). (tribunnews/herudin)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya akan mengerahkan sebanyak 16.167 personelnya untuk mengamankan Hari Buruh Internasional atau May Day pada 1 Mei nanti. Massa yang akan berunjuk rasa diperkirakan mencapai 60 ribu orang.

Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya, Kombes Pol Agus Budi, menuturkan hingga saat ini belum ada buruh yang mengajukan izin. Namun pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan buruh terkait peringatan May Day tersebut.

"Pengamanan tentunya akan dilakukan di objek-objek vital seperti Istana Presiden dan gedung DPR/MPR. Titik utama yang menjadi pusat konsentrasi massa yakni di Bundaran Hotel Indonesia (HI), kemudian massa diperkirakan akan longmarch ke Istana Negara dan kembali ke Gelora Bung Karno yang menjadi titik akhir," ujar Agus, Selasa (24/4/2012) usai menghadiri rapat Forum Koordinas Pimpinan Daerah (Forkompimda) di Balaikota.

Agus menuturkan, pihaknya akan melakukan sosialisasi terkait pengalihan arus pada saat May Day. Namun pengalihan arus itu bersifat situasional. Lebih lanjut, Agus mengimbau kepada para buruh agar tertib melakukan unjuk rasa. "Unjuk rasa memang diperbolehkan asal tidak melanggar hukum. Diperkirakan izin unjuk rasa baru diterima pada H-3 pelaksanaan May Day," tandasnya.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Gusti Sawabi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas