• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribun Jakarta

Irshad Manji Kagumi Perjuangan Reformis Islam Indonesia

Sabtu, 5 Mei 2012 12:53 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penulis buku "Allah, Liberty and Love," Irshad Manji mengaku kagum atas keberanian reformis Islam di Indonesia dalam memperjuangkan idealismenya.

Dalam pernyataan persnya, Sabtu (05/05/2012), kejadian penggerudukan ratusan masa dari Front Pembela Islam (FPI) dan Front Betawi Rempug (FBR) dalam acara peluncuran bukunya di Komunitas Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan malam tadi telah membuka mata banyak orang.

Atas kejadian semalam, ia pun terpaksa digelandang petugas Kepolisian, setelah ratusan masa memaksa acara dibubarkan, dan Irshad angkat kaki. Acara peluncuran buku itupun dibatalkan.

Lebih lanjut warga negara Kanada itu mengatakan, bahwa masih ada Umat Islam yang memperjuangkan nilai-nilai ideal Islam, seperti yang tercantum di surat Ar-Ra'd ayat 11.

"Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum kaum tersebut merubah dirinya sendiri," katanya mengutip Al-Quran.

Ia menyebut keberanian itu adalah "Moral Courage," atau keberanian moral, yang antara lain adalah hasil dari konsistensi perjuangan dari organisasi-organisasi pejuang Hak Azasi Manusia (HAM).

"Dalam banyak kasus, bahkan pejuang HAM telah terancam nyawanya demi melanjutkan perjuangan untuk membentuk Indonesia sebagai model negara Islam yang plural," ujar Irshad.

Direktur. "The Moral Courage Project" itu juga salut dengan keberanian, energi dan integritas reformis Muslim di Indonesia, yang berpotensial untuk mengembangkan Islam bukan hanya di Indonesia, akan tetapi Islam dimanapun juga.

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Willy Widianto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
503222 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas