• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribun Jakarta

Foke-Nara Sentil Bentrok Ormas di Solo

Minggu, 6 Mei 2012 08:38 WIB
Foke-Nara Sentil Bentrok Ormas di Solo
TRIBUNNEWS.COM/DANANG SETIADJI
Foke-Nara saat menghadiri rapat koordinasi PAN di Hotel Maharadja, Jakarta Selatan, Jumat (27/4/2012).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendapat dukungan 137 organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan paguyuban, membuat bakal calon Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli percaya diri. Secara terbuka, keduanya meminta ormas di Jakarta tak menciptakan gesekan seperti di Solo. 

Hal itu disampaikan Foke, panggilan akrab Fauzi, ketika menghadiri acara silaturahmi bersama Komunitas Jakarta Dukung Foke-Nara, di Hotel Sahid, Jakarta, Sabtu (5/5/2012). Menurutnya, ormas harus bisa turun ke bawah menjaga ketertiban umum di wilayahnya.

"Saya minta saudara-suadara menjaga lingkungan wilayahnya, lingkungan RT-nya, profesinya, asosiasinya, dan juga termasuk lingkungan paguyubannya masing-masing. Sebab kalau enggak dijagain bisa masuk angin nanti," ujar Foke yang langsung ditimpali tepuk tangan hadirin.

Belum sampai tepuk tangan dan tawa berhenti, Nara, panggilan akrab Nachrowi Ramli, langsung menyambar dengan ungkapan menyindir pemerintahan Joko Widodo yang nota bene Wali Kota Solo dan juga bakal calon gubernur DKI 1 yang berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama.

"Jangan seperti di Solo ya," begitu celetukan Nara.

Sementara menurut Nara, ormas dan LSM menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Jakarta karena undang-undang telah menempatkan ormas dan LSM menjadi bagian penting bersama pemerintah membangun daerahnya.

"Asas tunggal ormas dan LSM adalahPancasila dan itu saya yakin itu akan dipegang ormas dan LSM. Karena itu, dengan berasaskan Pancasila, ormas-ormas harus mampu menjaga etika dan kesantunan," timpal purnawirawan jenderal bintang dua tersebut.

Seperti diketahui, bentrokan antara ormas dan warga pecah di Solo sejak Kamis kemarin. Bentrokan ini sempat menjadi pertanyaan besar lantara Solo sebelumnya tidak pernah terjadi letupan. Namun, kini bentrokan ormas dan warga sudah terkendali dan aktifitas Solo berjalan sedia kala. (*)

Penulis: Yogi Gustaman
Editor: Gusti Sawabi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
504752 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas