• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Jakarta

Ahok: Kami tak Pernah Maling Duitnya Rakyat

Senin, 7 Mei 2012 02:13 WIB
Ahok: Kami tak Pernah Maling Duitnya Rakyat
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Basuki Tjahaya Purnama

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA--Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama --biasa disapa Ahok--berjanji, jik ia bersama Jokowi terpilih, akan langsung mengumumkan secara transparan kepada publik besarnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Ibu Kota. Ahok juga menjamin, akan transparan terhadap anggaran belanja daerah ( APBD).

"Kalau kami terpilih, bulan Oktober akan dilantik. Sebulan setelah itu, kami akan langsung buka anggaran belanja setransparan mungkin. Kami akan buka satu per satu anggaran sampai sekecil-kecilnya, kami akan cek penggunaanya," tutur Ahok di hadapan wartawan, dan para wartawan senior, saat peringatan 7 tahun meninggalnyaTokoh Pers Nasional, Valens Goa Doy di Cibubur, Sabtu Malam (5/5) kemarin.

Tak hanya transparan, Ahok, bersama pasangannya Jokowi akan melakukan penghematan hingga 10 persen dari total anggaran daerah sekitar Rp 36-40 triliun.

" Sepuluh persen itu besar lho. Total penjualan seluruh Gading Serpong saja hanya sekitar Rp 3 Triliun," ujarnya.

Ditegaskan, bila pada tahun pertama bisa menghemat 10 persen, maka ia berarap pada tahun kedua menjabat sudah bisa menghemat 20 persen APBD.

Penghematan APBD, Ahok menegaskan, semuanya akan digunakan untuk kesejahteraan masyarakat miskin, serta untuk perbaikan sarana dan prasarana.

Tak hanya yakin bisa melakukan penghematan APBD, Ahok juga mengatakan, bersama Jokowi akan menaikkan PAD hingga dua kali lipat. Apalagi, katanya, Jokowi selama memimpin Solo bisa menaikkan PAD hingga 300 persen tanpa menaikkan retribusi atau pungutan.

"Coba, betapa banyak uang yang kami miliki nanti. Dari sisi anggaran belanja kami bisa hemat, dan dari sisi pendapatan kami akan tingkatkan dengan memberangus berbagai kebocoran," tegas Ahok.

Penggunaan uang yang transparan, maka, imbuhnya, ia bersama Jokowi akan membuat Jakarta menjadi kota Jakarta baru. Sebuah kota megapolitan yang nyaman, aman, dan manusiawi serta sejahtera rakyatnya.

"Kami bukan pejabat yang dompetnya tebal, Tapi kami pejabat yang dompetnya tipis. Yang jelas, kami tidak pernah maling duitnya rakyat," tegas Ahok.

Penulis: Rachmat Hidayat
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas