• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 20 April 2014
Tribun Jakarta

RSUD Tarakan Genjot Pelayanan Bagi Warga Tak Mampu

Senin, 7 Mei 2012 14:11 WIB

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Setiaji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggaran sebesar Rp 10 miliar dialokasikan RSUD Tarakan Jakarta Pusat untuk meningkatkan pelayanan di ruang rawat inap kelas III.

Hal ini juga tak lepas dari pasien yang berobat, sebagian besar merupakan warga tidak mampu pemegang Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Direktur Utama RSUD Tarakan, Koesmedi Priharto, mengatakan, selama ini hampir sebagian besar pasien yang dirawat di RSUD Tarakan merupakan pasien yang menggunakan SKTM.

"32,28 persen pemegang SKTM, kemudian banyak pasien kelas III yang dirawat dengan jenis pelayanan kartu Gakin sebanyak 7,33 persen, Jamsostek 2,59 persen dan Jamkesmas 1,5 persen," ujar Koesmedi, Senin (7/5/2012).

Koesmedi menuturkan, pada tahun 2011, pihaknya telah mendapatkan anggaran sebanyak Rp 52 miliar untuk pembangunan gedung Critical Care Center dan pembelian peralatan medis berstandar internasional sebesar Rp 67 miliar.

Menurutnya, dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan RSUD Tarakan, maka semakin tinggi pula pelayanan kesehatan yang dapat diberikan pihaknya kepada warga Jakarta, terutama pada warga miskin dan tidak mampu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan DKI, Dien Emmawati, menjelaskan Pemprov DKI sedang melakukan upaya meningkatkan kualitas RSUD yang ada di Jakarta.

Menurutnya beberapa RSUD sudah mengembangkan diri agar tidak kalah dengan rumah sakit swasta yang ada di Jakarta.

"Sebetulnya semua RSUD di DKI sudah cukup baik. Seperti RSUD Cengkareng, RSUD Pasar Rebo, dan RSUD Koja. Ketiganya sudah memiliki peningkatan pelayanan khususnya kelas III," tandasnya.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Anwar Sadat Guna
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
507412 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas