• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 21 April 2014
Tribun Jakarta

Ini Pandangan Didik Rachbini Soal Ormas di Jakarta

Senin, 21 Mei 2012 07:11 WIB
Ini Pandangan Didik Rachbini Soal Ormas di Jakarta
Tribun Jakarta/Glery Lazuardi
Didik J Rachbini

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kontroversi soal fungsi dan kegiatan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) di Indonesia, terus menuai perbincangan.

Terlebih, di DKI Jakarta, yang notabene banyak ormas, dengan karakteristik dan 'focus study' yang berbeda-beda.

Di mata calon wakil gubernur DKI Jakarta Didik J Rachbini, keberadaan ormas memiliki warna tersendiri. Menurutnya, ormas sangat diperlukan, sebagai modal sosial bagi pemerintah daerah.

Dengan norma dan etika yang bagus, keberadaan ormas, kata Didik, seharusnya dapat memberikan pandangan yang baik bagi warga dalam kehidupan sosial dan politik di suatu daerah, termasuk di Jakarta.

"Ada yang bergerak, namun ada juga diam. Tapi, produktif membantu masyarakat, seperti ormas yang historis seperti NU (Nahdhatul Ulama) dan Muhammadiyah. Ormas saat ini berkembang dengan variasi yang banyak," kata Didik saat menghadiri diskusi bertajuk 'Ormas Merupakan Aset atau Beban bagi Jakarta?' di Jakarta, Minggu (20/5/2012).

Namun, jika melihat perkembangan masyarakat yang cepat di Jakarta, lanjut Didik, saat ini semakin hari tampak bertebaran ormas yang kehilangan arah tujuan. Karena itu, pemerintah seharusnya dapat memperhatikan proses penyesuaian yang cepat, dengan langkah yang tepat.

Contohnya, sambung pasangan calon gubernur DKI Jakarta Hidayat Nur Wahid, dengan memberikan saluran perubahan sosial, baik di bidang sosial, budaya, ekonomi, serta politik yang baik.

Mengingat, norma dan etika masyarakat dalam setiap ormas dapat cepat berganti, dan lantas menjadi hal baru untuk dipakai masyarakat.

"Jadi, jika masih ada benturan dalam proses tersebut, maka itu karena perubahan sosial yang salah," lugas Didik. (*)

BACA JUGA

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Yaspen Martinus
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
547212 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas