• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 24 April 2014
Tribun Jakarta

Jokowi-Ahok Ingin Dapatkan Spirit Ali Sadikin

Sabtu, 26 Mei 2012 11:38 WIB
Jokowi-Ahok Ingin Dapatkan Spirit Ali Sadikin
TRIBUNNEWS.COM/FERDINAND WASKITA
Salah satu sudut di posko pemenangan Jokowi-Ahok di Jalan Borobudur No 22, Menteng, Jakarta Pusat.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rumah di Jalan Borobudur No 22, Menteng, Jakarta Pusat, tampak teduh dihiasi rimbunnya pepohonan.

Pagar putih tertutup seng terlihat di depan rumah seluas kurang lebih 3.000 meter persegi. Sekilas, tak tampak bila rumah tersebut merupakan posko pemenangan pasangan Joko Widodo (Jokowi)- Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Sebab, hanya terpampang nomor rumah di pagar. Tidak ada tanda-tanda seperti poster atau pun stiker.

Tribunnews.com yang bertandang ke rumah tersebut, disambut oleh dua penjaga keamanan.

"Silakan mas, parkir motor dulu," katanya ramah.

Isi rumah masih tampak sepi dari aktivitas. Maklum, posko tersebut baru beraktivitas setelah KPU DKI Jakarta menetapkan Jokowi-Ahok sebagai pasangan resmi calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada 11 Mei 2012.

Namun, penanda bahwa rumah tersebut merupakan posko pemenangan Jokowi-Ahok, terlihat saat berada di halaman rumah.

Di sana terpampang poster Jakarta Baru dengan foto Jokowi-Ahok. Ada pula papan hitungan mundur menuju hari pencoblosan pada 11 Juli 2012.

Memasuki ruang tamu, terlihat foto-foto Jokowi dalam kegiatannya sebagai Wali Kota Solo. Gambar lainnya, ketika Jokowi mengenakan pakaian keraton Surakarta.

Di ruang tamu, terdapat ruang pribadi Jokowi dan Ahok berdampingan. Juga ada sofa dan meja kerja dengan fasilitas komputer.

Ruangan tersebut sangat nyaman dengan pendingin udara di setiap sisinya. Televisi layar datar berukuran 30 inci juga terpasang di dinding ruang tamu.

"Semua warga Jakarta yang mendukung Jokowi-Ahok, silakan bergumul di sini. Suasananya teduh kan? Tidak tegang kan?" kata Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik, ketika ditemui Tribunnews.com, Kamis (24/5/2012).

Taufik mengatakan, seluruh kegiatan Jokowi-Ahok akan terpusat di sini.

"Ada jadwal pertemuan rutin di sini," imbuh Taufik, yang menjadi anggota tim sukses Jokowi-Ahok.

Taufik kemudian menjelaskan mengenai posko pemenangan tersebut. Terdapat 30 staf yang bekerja setiap harinya di rumah bercat putih. Mereka bertugas dalam bidang media, logistik, dan sekretariat.

Taufik mengungkapkan, rumah tersebut merupakan miliknya, yang  kemudian disulap menjadi posko pemenangan.

Alasan tim Jokowi-Ahok memilih rumah tersebut, agar mendapatkan semangat Ali Sadikin.

"Jalan Borobudur sudah dianggap trah-nya Ali Sadikin. Beliau kan bertempat tinggal di sini. Kami ingin ambil spiritnya," tutur Taufik.

Ali Sadikin dianggap warga sebagai gubernur DKI Jakarta yang sukses memimpin ibu kota pada zamannya.

Taufik kemudian mengajak Tribun berkeliling posko pemenangan. Ruang pertama adalah media center, di mana terdapat sejumlah televisi untuk memantau setiap stasiun.

Dua staf bertugas untuk memantau berita di televisi. Yang menarik, staf di posko tersebut mengenakan pakaian wajib kemeja kotak-kotak.

Di seberangnya, terdapat ruang pertemuan kecil yang dapat menampung belasan orang. Lalu, berjejer ruang rapat dan ruang sekretariat untuk mengorganisasi kegiatan cagub dan cawagub yang diusung oleh PDIP dan Gerindra.

Ruang rapat besar yang memiliki kapasitas hingga 100 orang terdapat di bagian belakang rumah, lengkap dengan mikropon serta proyektor LCD.

"Ada enggak posko pemenangan yang sudah lengkap seperti ini?" tanya Taufik.

Ruang organisasi sayap politik dan persediaan logistik berada di belakang musala. Taufik mengatakan, selain PDIP dan Gerindra, ada pula partai non-kursi yang menyatakan dukungannya, antara lain Partai Pelopor, Partai Pakar Pangan, Partai Pemuda Indonesia, Partai Barisan Nasional, dan Partai Bintang Reformasi.

"Mereka masuk ke dalam tim sukses kami," cetusnya. (*)

BACA JUGA

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Yaspen Martinus
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
563431 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas