• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 28 Juli 2014
Tribun Jakarta

Prijanto: Perbedaan Data DPS Hal yang Wajar

Sabtu, 26 Mei 2012 18:50 WIB
Prijanto: Perbedaan Data DPS Hal yang Wajar
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto, saat menjawab pertanyaan wartawan Tribun di kantornya, Kamis (22/3/2012). Prijanto memberikan jawaban seputar permintaan dirinya untuk mengundurkan diri sebagai Wakil Gubernur dan Pilkada DKI Jakarta. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto menganggap perbedaan data pemilih terdaftar, dengan e-KTP Pergerakan Pemuda Indonesia (P3I), adalah sebuah kewajaran.

Saat ditemui di acara Reuni Pejuang, di Club Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (26/5/2012), ia mengatakan proses pendaftaran E-KTP masih terus berlangsung, dan belum selesai.

"Di beberapa kelurahan juga masih ada yang terus mendaftar, jadi wajar saja jumlahnya berbeda" ujar Prijanto.

Sebelumnya diberitakan, P3I menemukan adanya 1,4 Juta data Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang fiktif yang didapat dari perbedaan jumlah DPS yang ditetapkan KPUD DKI Jakarta sebesar 7.044.9991 pemilih dengan data yang dikeluarkan oleh Kemendagri berdasarkan hasil e-KTP sebesar 5.644.991 pemilih.

Pihak P3I telah menginvestigasi sembilan kelurahan yang ada di Jakarta Barat. Yaitu Kelurahan Tanjung Duren Utara, Wijaya Kusuma, Krukut, Tangi, Duri Utara, Duri Kepah, Kebon Jeruk, dan Kapuk. Dari hasil investigasi ditemukan 104,170 pemilih fiktif dari rata-rata penduduk 523,083 warga di kesembilan kelurahan.

Mendapat kecaman dari berbagai pihak, KPUD DKI Jakarta meminta P3I memberikan data tersebut untuk dibahas, namun, sejak berita adanya DPS fiktif itu muncul sampai kemarin, P3I tidak menyerahkan data tersebut. Akhirnya, hari ini P3I resmi menyerahkan data tersebut ke Panwaslu.

Namun menurut Prijanto, hal itu bukan berarti harus didiamkan, Panwaslu dan KPUD harus terus mendalami data DPS, apakah ada kecurangan atau hanya permasalahan teknis.

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Willy Widianto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
564302 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas