• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 22 Juli 2014
Tribun Jakarta

Kenalan di Facebook, ABG Ditipu dan Ditelantarkan

Jumat, 1 Juni 2012 18:42 WIB
Kenalan di Facebook, ABG Ditipu dan Ditelantarkan
Wahyu Aji/Tribunnews.com
Nila Taijatul Wafa (12)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dijanjikan iming-iming akan dipekerjakan di Jakarta sebagai pelayan toko, Nila Taijatul Wafa (12), ditelantarkan teman kenalannya di Facebook setelah sebelumnya dompet dan handphone miliknya juga diambil.

Kejadian bermula ketika Nila yang berasal dari Jalan Beonseng RT 04 RW 06, Sadang Cikampek, Jawa Barat ini berkenalan dengan Kiki yang mengaku tinggal di Jakarta. Perkenalan yang baru dua bulan tersebut membuat Nila percaya dan mau mengikuti bujukan Kiki untuk datang ke Jakarta.

"Saya datang tadi pagi, terus ketemu dia di Beos (Stasiun Kota Jakarta,red), dijanjikan akan bekerja sebagai penjaga toko sama dia, jadi saya tertarik untuk datang ke Jakarta," ujarnya saat ditemui di Mapolsek Jatinegara, Jumat (1/6/2012).

Gadis yang baru lulus dari sekolah dasar (SD) ini mengaku ditinggal oleh pelaku di halte Cawang dengan sebelumya diambil dompet berisi uang Rp 80.000 dan handphonenya.

"Tadi dia minta dompet sama handphone saya, katanya supaya tidak hilang, namun setelah di halte dia langsung menghilang," tandasnya.

Nila mengatakan dirinya tidak mengetahui secara pasti alamat teman barunya tersebut. Dirinya juga mengaku bahwa keadaan ekonomi keluarganya yang serba pas-pasan membuat dirinya memberanikan diri pergi ke ibukota.

"Orangtua mengizinkan karena selama satu tahun ini saya tidak lagi melanjutkan sekolah," paparnya.

Sementara itu petugas SPK Polsek Jatinegara, Ipda Purwanto yang menerima laporan mengatakan kejadian penipuan dari perkenalan lewat facebook kerap terjadi dan menimpa anak-anak remaja.

"Ada beberapa kejadian serupa dan kita masih melakukan penyelidikan terhadap pelaku," tuturnya.

Lebih lanjut korban kemudian didata dan diberikan surat jalan untuk dapat kembali ke rumah dengan selamat.

"Tadi kami berikan surat keterangan dan juga uang untuk ongkos agar bisa pulang dengan selamat," katanya.

Klik Juga:

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas