• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 30 Juli 2014
Tribun Jakarta

Dinas Pendidikan DKI: Sekolah Dilarang Minta Uang Gedung

Kamis, 7 Juni 2012 11:37 WIB
Dinas Pendidikan DKI: Sekolah Dilarang Minta Uang Gedung
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Siswa terlihat bermain di depan ruang kelas karena diliburkan akibat tujuh atap ruangan yang terbuat dari baja ringan di Sekolah Dasar Negeri 20 Pagi, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (6/6/2012) roboh. Kejadian yang berlangsung setelah tahap akhir renovasi atap bangunan tersebut terjadi sekitar pukul 00.05 dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menegaskan sekolah tidak boleh meminta biaya apapun terkait rencana pembangunan gedung atau renovasi sekolah. Hal ini untuk mencegah adanya pungutan liar di sekolah negeri, baik yang berstatus Sekolah Standar Nasional (SSN) dan regular saat penerimaan siswa baru.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Taufik Yudi Mulyanto, menyatakan bahwa pembangunan fisik maupun renovasi sekolah merupakan tanggung jawab Dinas Pendidikan DKI.

Menurutnya pembangunan gedung sekolah, baik itu renovasi, rehab gedung hingga pembangunan ruang kelas baru, sudah dialokasikan anggarannya dalam biaya investasi sekolah yang menjadi tanggung jawab pihaknya.

"Jadi itu tak ada kaitannya dengan proses penerimaan siswa baru di sekolah-sekolah tersebut. Kalau meminta biaya untuk renovasi gedung atau uang pembangunan, itu menyalahi aturan," ujar Taufik, Kamis (7/6/2012) saat dikonfirmasi Tribunnews.com.

Walaupun begitu, kata Taufik, bagi sekolah-sekolah berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), meminta biaya pembangunan kepada orang tua murid diperbolehkan karena sekolah yang memiliki kelas internasional harus menyediakan standar kelas dengan standar kelas internasional.

"Tetapi tetap saja biaya-biaya itu harus dibicarakan sesudah siswa diterima atau saat proses penerimaan siswa baru selesai. Paling tidak sesudah Lebaran, atau bulan September 2012, bisa dilakukan pertemuan untuk membicarakan bagaimana pembiayaan di sekolah, terutama di SDN, SMPN, SMAN dan SMKN RSBI," pungkasnya.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Willy Widianto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
601012 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas