• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribun Jakarta

Mendikbud Tinjau SNMPTN di UNJ

Selasa, 12 Juni 2012 13:10 WIB
Mendikbud Tinjau SNMPTN di UNJ

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, meninjau salah satu lokasi pelaksanaan ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Jakarta. Salah satunya, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang masuk dalam panitia lokal 30 DKI Jakarta, Selasa (12/6/2012).

Datang pada pukul 08.00 WIB, Mendikbud membantah melakukan inspeksi mendadak (sidak). "Ini bukan sidak tapi memberikan motivasi," ujarnya kepada wartawan di kampus UNJ. Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur.

Menggunakan setelan safari berwarna abu-abu, M. Nuh didampingi Ketua Panitia SNMPTN 2012, Akhmaloka, bersama Rektor UNJ, Bedjo Sujanto. Mendikbud juga sempat melihat proses pelaksanaan ujian di kelas khusus yang diisi belasan peserta ujian tulis berkebutuhan khusus.

Sesuai jadwal, seluruh peserta SNMPTN yang melalui ujian tulis hari ini akan diuji wawasannya melalui lembaran naskah yang meyajikan soal-soal pengetahuan umum. Umumnya, para peserta diberikan waktu 120 menit, sedangkan untuk peserta berkebutuhan khusus waktu mengerjakan soal ditambah 30 menit.

Panitia Lokal SNMPTN Universitas Negeri Jakarta akan menguji 33.435 peserta ujian tulis dengan daya tampung 2.171 mahasisa baru. SNMPTN merupakan satu-satunya seleksi yang dilaksanakan bersama-sama oleh seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak.

Tahun ini, SNMPTN dilaksanakan melalui jalur undangan yang berdasarkan penjaringan prestasi akademik (nilai sekolah dan hasil UN) dan jalur ujian tertulis. Khusus untuk program studi Ilmu Seni dan Keolahragaan para peserta diharuskan mengikuti ujian keterampilan. SNMPTN jalur ujian tulis akan diselenggarakan pada 12-13 Juni 2012, dan ujian keterampilan dilaksanakan pada 14-15 Juni 2012.

Untuk panitia lokal 30 DKI Jakarta, selain di UNJ, tes ujian tulis SNMPTN juga digelar di Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah, dan Universitas Pancasila, serta 91 sekolah lainnya. Adapun untuk hasilnya, panitia SNMPTN 2012 akan mengumumkan melalui website resmi pada 7 Juli 2012.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Rachmat Hidayat
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
617282 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas