• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Jakarta

Tiga Pasang Calon tak Cantumkan Gelar di Surat Suara

Selasa, 12 Juni 2012 10:41 WIB
Tiga Pasang Calon tak Cantumkan Gelar di Surat Suara
TRIBUNNEWS.COM/YULIS
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Enam pasangan calon yang maju dalam pemilukada DKI tahun ini telah menandatangani nama dan foto yang akan digunakan dalam surat suara sebagai tanda persetujuan.

Dari enam calon tersebut, hanya pasangan Fauzi 'Foke' Bowo-Nachrowi 'Nara' Ramli, Faisal Basri-Biem Benjamin, dan Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini yang tidak mencantumkan gelar akademisnya.

Anggota KPU DKI yang juga menangani masalah logistik, Aminullah, mengatakan berdasarkan aturan KPU pusat disebutkan jika pasangan calon lebih dari lima maka gambar dalam surat suara wajib dibuat dalam dua baris. Dengan demikian, model surat suara untuk pemilukada DKI tahun ini yakni tiga pasangan di baris atas dan tiga pasangan lainnya di baris bawah.

"Pasangan calon bebas mencantumkan seperti apa namanya dalam surat suara. Asalkan sesuai KTP," ujar Amin, Selasa (12/6/2012).

Pada surat suara tersebut, pasangan Foke-Nara hanya mencantumkan nama Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli, meski keduanya memiliki gelar akademis. Sedangkan pasangan Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini, hanya mencantumkan nama Hidayat-Didik dalam surat suara. Sedangkan pasangan Faisal Basri-Biem Benjamin, mencantumkan nama Faisal B- Biem T Benyamin.

"Dia (Faisal) memilih mencantumkan nama B, karena namanya Faisal Batubara, bukan Faisal Basri," kata Amin.

Sementara pasangan Hendardji-Riza Patria, mencantumkan gelar lengkap yakni Mayjen TNI (Purn) Drs. H. Hendardji Soepanji SH-Ir. H Achmad Riza Patria MBA.

Demikian juga dengan pasangan nomor urut tiga yang juga mencantumkan gelarnya, yakni Ir. H Joko Widodo- Ir. Basuki Tjahaja Purnama MM (Ahok). Sedangkan pasangan nomor enam, mencantumkan nama H. Alex Noerdin-Letjen TNI (Marinir) Purn H. Nono Sampono.

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Rachmat Hidayat
1 KOMENTAR
616691 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas