• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Jakarta

Terminal Pulogebang Belum Bisa Digunakan Mudik Lebaran

Sabtu, 23 Juni 2012 19:42 WIB
Terminal Pulogebang Belum Bisa Digunakan Mudik Lebaran
TRIBUNNEWS.COM/WAHYU AJI
Terminal Terpadu Pulogebang Sentra Timur

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meski sudah di-soft launching hari ini, Terminal Bus Terpadu Pulogebang Sentra Timur belum bisa digunakan untuk arus mudik Idul Fitri 1433 H tahun ini.

“Sementara, untuk mudik lebaran belum bisa, karena Lebaran jatuh pada Agustus, sedangkan pembangunan fisik terminal baru ranpung 100 persen sekitar 15 Oktober," ujar Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, saat soft launching Terminal Terpadu Pulogebang Sentra Timur, Sabtu (23/6/2012).

Pria yang disapa Foke mengungkapkan, walaupun bukan satu-satunya solusi untuk mengurai kemacetan lalu lintas, kehadiran Terminal Pulogebang setidaknya diyakini bisa mengurangi simpul-simpul kemacetan di ibu kota.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, terminal ini dibangun dengan anggaran pembangunan sebesar Rp 448,6 miliar.

Dengan total luas lahan 14,01 hektare, saat ini yang terealisasi baru sekitar 9,08 hektare. Sehingga, perlu pembebasan lagi untuk pelebaran areal terminal.

Ditargetkan, pembebasan lahan dapat terealisasi dengan anggaran tambahan Rp 60 miliar.

"Di Terminal Pulogebang, penumpang dibuat nyaman dan aman. Sebab, ada ruangan khusus untuk pejalan kaki, sehingga tidak ada lagi orang berjalan di emplasement terminal. Terminal ini juga menyediakan park and ride, sehingga pemilik kendaraan dapat memarkir kendaraannya dan beralih ke angkutan umum," paparnya.

Juga, disiapkan sarana dan prasarana bagi penyandang disabilitas. Terminal ini juga terkoneksi langsung dengan Jalan Tol Lingkar Luar Ruas Cikunir-Tanjungpriok dan Stasiun KA Cakung.

Sedangkan Terminal Pulogadung akan disesuaikan dengan tata ruang yang ada, yakni sebagai lahan multiguna, antara lain untuk ruang terbuka hijau (RTH) dan terminal bus TransJakarta. (*)

BACA JUGA

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Yaspen Martinus
0 KOMENTAR
657851 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas