• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Jakarta

Biem Janji Perbaiki Kualitas Hidup Warga Betawi

Selasa, 3 Juli 2012 07:22 WIB
Biem Janji Perbaiki Kualitas Hidup Warga Betawi
TRIBUN JAKARTA/MOCHAMAD FAIZAL RIZKIl Rizki
Biem Benyamin

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA--Calon wakil gubernur DKI Jakarta dari jalur independen Biem Benjamin menyatakan, Condet sebagai cagar budaya Betawi harus dilihat secara utuh. Tidak hanya pelestarian fisik, namun juga kualitas hidup rakyat yang merupakan warga asli Betawi.

Dalam kunjungannya ke Condet, Senin (2/7/2012) kemarin, Biem mengingatkankebudayaan Betawi akan lestari kalau masyarakat yang menjalankan kebudayaan itu hidup secara layak.

Biem melihat Condet sebagai cagar budaya Betawi hanya diperlakukansebagai wilayah mati yang kurang mendapat apresiasi dari pemerintahmaupun warga sekitar.

Ia prihatin banyak masyarakat yang lebih mengingat unsur kekerasan dari orang Betawi ketimbang unsur mengaji dan seninya.

“Penyebabnya, sejak awal pembangunan Jakarta, pemerintah daerah tidak fokus kepada manusianya. Penduduk asli Betawi seperti halnya penduduk asli di provinsi lain membutuhkan perhatian khusus,” terang Biem.

Pemerintah daerah seharusnya meningkatkan kapasitas pendidikan dan pengetahuan penduduk asli Betawi sehingga dapat mengikuti perubahandari wilayah yang dulu berbasis pertanian dan perkebunan menjadiwilayah urban yang menggantungkan pendapatannya dari sektor industri jasa dan manufaktur.

“Penduduk asli Jakarta atau Betawi tertinggal di belakang pertumbuhan ekonomi. Banyak penduduk asli yang tidak terserap oleh pertumbuhan ekonomi Jakarta. Banyak yang miskin. Mereka mau tidak mau harus menjual tanah mereka dan kemudian pindah ke daerah-daerah lain di pinggiran Jakarta. Dengan demikian, budaya Betawi terancam hilang,” jelas Biem.

Oleh sebab itu, Biem mengaku telah memikirkan penduduk di kawasan cagar budaya seperti Condet, Setu Babakan dan wilayah lainnya harus diintegrasikan dengan memberikan mereka pekerjaan. Dengan demikian, mereka tetap tinggal dan melestarikan budaya Betawi dan adat istiadatnya.

Penulis: Mochamad Faizal Rizki
Editor: Yaspen Martinus
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas