• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 20 Agustus 2014
Tribun Jakarta

Faisal-Biem Janjikan Transportasi yang Beradab bagi Wanita

Selasa, 3 Juli 2012 19:35 WIB
Faisal-Biem Janjikan Transportasi yang Beradab bagi Wanita
Mochamad Faizal Rizki/Tribun Jakarta
Faisal Basri

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dari jalur independen Faisal Basri dan Biem Benjamin berjanji menyediakan transportasi yang aman, nyaman, dan beradab bagi perempuan.

Dalam pertemuannya dengan para wanita yang tergabung dalam Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Selasa (3/7/2012), Faisal mengatakan bahwa Jakarta harus berubah menjadi kota beradab sehingga hal tersebut bisa mengangkat harkat dan martabat wanita.

Dia mengatakan bahwa untuk menghormati harkat dan martabat wanita bukan dengan cara memisah-misahkan angkutan umum bagi mereka tapi adab manusianya yang harus dibangun.

Menurut dia, selama ini yang terjadi wanita merasa ketakutan jika dilecehkan saat naik angkutan umum.

“Kita ingin membangun suatu keadaban. Kota itu pada hakekatanya adalah civility. Jadi kita mau membangun kota yang beradab. Kota-kota yang peradabannya tinggi dia menghormati perempuan. Selama ini transportasi di DKI memang sangat buruk dan tidak memihak perempuan. Yuk, membangun keadaban supaya transportasi, ruang publik itu bisa mengangkat harkat dan martabat perempuan,” tegas Faisal.

Dia tidak setuju dengan pengkhususan transportasi yang dialami perempuan selama ini.

“Misalnya ada kereta khusus wanita atau bus khusus wanita. Itu kan menggerbongkan perempuan, memarjinalkan kaum perempuan. Saya nggak setuju itu. Itu membatasi pergerakan mereka, harus lari-lari mengejar gerbong khusus tersebut. Atau bus khusus wanita, itu kan lama nunggunya. Solusinya nanti kita tambah frekuensi kereta atau jumlah busnya,” jelas Faisal.

Menghormati harkat wanita bukan dari pemisahan gerbong, tapi lebih pada membangun manusia agar perempuan itu tidak dilecehkan kaum pria.

“Di Dubai saja tidak ada pemisahan gerbong untuk perempuan atau laki-laki. Itu malah nyusahin perempuan sendiri. Percaya deh sama saya,” kata dia.

Faisal mengajak para perempuan untuk bersama-sama membangun keadaban agar tidak menjadi korban.

Baca Juga:

Penulis: Mochamad Faizal Rizki
Editor: Johnson Simanjuntak
Sumber: Tribun Jakarta
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
690112 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • bang jali-Selasa, 3 Juli 2012 Laporkan
    Membangun keadaban bukan berawal dr transportasi, tp dr individunya dan sanksi hukumnya
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas