• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribun Jakarta

Perkelahian Antar-Ormas Bukan Cuma Urusan Polisi

Selasa, 3 Juli 2012 01:30 WIB
Perkelahian Antar-Ormas Bukan Cuma Urusan Polisi
TRIBUNNEWS.COM/THERESIA FELISIANI
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertikaian antar-organusasi masyarakat (ormas) akhir-akhir ini marak terjadi, meski polisi sudah berulang kali menindak dan menggelar silaturahmi dengan para petinggi ormas.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan, untuk mengatasi gesekan antar-ormas, perlu kerja sama dengan para pemangku jabatan lain, dan bukan hanya urusan kepolisian.

"Jangan diam saja, tapi ikut memecahkan persoalan itu. Kenapa bisa sampai bertikai, pastinya kan karena ada sebab-sebabnya. Faktornya banyak," ujar Rikwanto, Senin (2/7/2012).

Pembinaan terhadap ormas, lanjutnya, merupakan kewenangan Mendagri. Sedangkan polisi bertindak saat ada undur pidana.

"Kepolisian berharap dan mengajak stakeholder untuk bersama-sama membahas dan menyelesaikan masalah ini. Jadi, baik polisi dan pemda sama-sama memberikan
sikap," paparnya.

Rikwanto mengambil contoh kasus narkoba di Kampung Ambon, Cengkareng, Jakarta Barat. Aparat kepolisian sebagai penegak hukum telah melakukan tugasnya. Polisi sering melakukan operasi atau razia ke Kampung Ambon. Namun, pihak pemda terkesan tidak berbuat apa-apa.

"Ini harus disikapi. Pemberantasan narkoba di Kampung Ambon ya sama aja seperti menangani ormas, harus ada kerja sama dari pihak terkait, tidak bisa polisi bertindak sendiri," tutur Rikwanto. (*)

BACA JUGA

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Yaspen Martinus
0 KOMENTAR
687262 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas