Senin, 24 November 2014
Tribun Jakarta

Warga Kampung Apung Heran Ada Program Gakin Gratis

Selasa, 3 Juli 2012 17:44 WIB

Warga Kampung Apung Heran Ada Program Gakin Gratis
Eri Komar Sinaga/Tribun Jakarta
Alex Noerdin saat mengunjungi Pengobatan Gratis di Kelurahan Menteng Jakarta Pusat, Kamis 28 Juni 2012

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Warga Kampung Apung kelurahan Kapuk, Cengkareng Jakarta Barat mengaku heran ada program kartu Gakin gratis dari Pemprov DKI menjelang pemilukada DKI. Warga berpendapat, sebelum pemilukada DKI sangat sulit mengurus kartu Keluarga Miskin (Gakin) maupun Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Hal ini diungkapkan Ketua RW 01 kelurahan Kapuk, Juhri, saat menghadiri acara pengobatan gratis tim sukses pasangan calon Alex Noerdin-Nono Sampono. Juhri menuturkan saat ini Pemprov DKI tengah mengupayakan program-program pro rakyat, seperti pembuatan kartu Gakin gratis yang dilakukan Dinas kesehatan melalui Puskesmas Kecamatan.

"Kami sebagai warga tetap berpikir rasional. Disini, biasanya mengurus SKTM sulitnya setengah mati. Tiba-tiba jelang pemilukada, ada program kartu Gakin gratis. Ini kan aneh. Kami tidak akan terkena bujuk rayu," ujar Juhri, Selasa (3/7/2012).

Dikatakannya, walaupun ada program kartu Gakin gratis di wilayahnya baru-baru ini, sekitar 20 ribu warga di tempat tersebut menyatakan tidak akan mengalihkan dukungannya pada pasangan Alex-Nono.

Menurutnya warga menginginkan perubahan kondisi yang dialaminya saat ini. "Disini sudah 22 tahun kena banjir terus. Kami ingin Gubernur yang baru. Nasib warga tidak berubah dibawah kepemimpinan Gubernur lama," ungkapnya.

Juhri mengatakan rumah pompa untuk mengatasi banjir di wilayah tersebut yang dipasang Pemprov DKI tidak membawa hasil. Proyek saluran air di wilayah tersebut, kata Juhri, justru dibiarkan terbengkalai oleh Pemda DKI.

Sementara itu, warga RW 01 kelurahan Kapuk, Susnadi, mengatakan kesempatan membuat kartu gakin gratis tetap dimanfaatkannya. Namun ia tetap menyatakan mendukung Alex-Nono, karena ingin kondisi kampungnya berubah, bebas dari banjir.

"Kami tidak akan terpengaruh oleh calon lain, kami tetap dukung Pak Alex. Meski Pemda DKI mengadakan kerja bakti dikampung kami, tetapi ini dilakukan menjelang pemilukada saja. Hari-hari biasa, kampung kami tetap terpinggirkan," tandasnya.

Baca Juga:

Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Johnson Simanjuntak

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas