• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Jakarta

Profesi si Botak Jualan Narkoba di Setiabudi Berakhir Sudah

Sabtu, 7 Juli 2012 20:28 WIB
Profesi si Botak Jualan Narkoba di Setiabudi Berakhir Sudah
Ist
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --- Polres Metro Jakarta Selatan berhasil mengungkap jaringan pengedar narkotika jenis heroin dan shabu, Kawasan Setia Budi, Jakarta Selatan.

Kepala Satuan (Kasat) Narkoba Restro Jakarta Selatan Ajun Komiasris Besar Farlin Lumban Toruan, dalam konfrensi persnya, Sabtu (07/07/2012) mengatakan, pengungkapan berawal dari penangkapan dua orang pembeli, Dede alias Pram di kawasan Jatinegara Jakarta Timur. Kemudian, Tata Sukarta alias Dani, di kawasan Bogor.

"Keduanya mengaku mendapat barang dari seseorang bernama Botak," katanya.

Dari informasi tersebut, petugas kemudian mengamankan JI (49) alias Botak pada Selasa lalu (03/07/2012), di Jalan Salak, Setiabudi, Jakarta Selatan, saat mengantar paket heroin ke seorang pembeli.

Dari penangkapan Botak, diketahui ia telah beroperasi selama 1,5 tahun, sempat masuk daftar pencarian orang. Botak juga memiliki kaki tangan lain dalam mengedarkan narkoba,

Modus yang digunakannya bervariasi, mulai dari menjadi penjual handphone dan tukang ojek, hingga menitipkan barang dagangannya ke minimarket maupun warung-warung kecil. Wilayah operasi Botak dan kelompoknya di antaranya Ciputat dan Pamulang.

"Dia mengaku mendapatkan barang dari seseorang bernama James, yang masih kita kejar," tambahnya.

Farlin menjelaskan, James diduga merupakan seorang warga negara asing berkulit hitam, yang menjadi kepala pengedar.

Dari penangkapan ini, polisi menyita sejumlah barang bukti, yaitu 105,2 narkotika jenis Shabu dikemas dalam puluhan kantong plasik. Kemudian, 70,1 narkotika jenis Heroin dalam 13 kantong plastik, 38,1 gram ganja, 1 timbangan elektronik merek ACIS dan 1 timbangan elektronik merek CHQ.

Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Rachmat Hidayat
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas