• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 April 2014
Tribun Jakarta

Teknologi Incinerator Mampu Ubah Sampah Jadi Energi

Minggu, 8 Juli 2012 12:24 WIB
Teknologi Incinerator Mampu Ubah Sampah Jadi Energi
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
MENGHAMBAT KENDARAAN YANG MELINTAS - Sejumlah kendaraan roda dua dan empat kesulitan saat akan melintasi salah satu ruas jalan yang ditumpuki sampah di depan los buah-buahan Pasar Induk Caringin, Kota Bandung, Senin (2/7). Sampah pasar yang sudah beberapa hari tidak diangkut tersebut dapat mengganggu kendaraan yang keluar masuk, terutama truk yang mengangkut buah-buahan. Hal tersebut sudah tidak perlu terjadi lagi karena tarif masuk kendaraan roda dua dan empat sudah naik Rp 500 dalam dua bulan terakhir. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemprov DKI akan membangun tempat pengolahan sampah Intermediate Treatment Facility (ITF) yang menggunakan teknologi incinerator. Teknologi tersebut mampu mengubah sampah menjadi energi.

Kepala Dinas Kebersihan DKI, Eko Bharuna, mengatakan teknologi incinerator mampu mengubah sampah menjadi energi dan mereduksi sampah hingga 95 persen. Menurutnya dengan teknologi tersebut, sisa sampah dapat digunakan untuk reklamasi lahan atau bahan baku paving block.

"Teknologi ini juga memiliki efek pengurangan gas rumah kaca dan mampu hasilkan energi 10 megawatt," terang Eko, Minggu (8/7/2012).

Eko menjelaskan proses yang dilalui dalam mengolah sampah dengan teknologi incinerator ini. Menurutnya sampah yang disimpan kemudian dimasukkan ke dalam ruangan yang panasnya hingga 1.000 derajat celcius. Sampah yang terbakar, kata Eko, akan menyisakan abu dan logam.

Sedangkan gas yang dihasilkan dari pembakaran sampah disaring lagi untuk pemisahan partikel-partikel berbahaya. Setelah disaring, maka gas yang sudah aman dan tidak beracun itu akan dikeluarkan dari tabung setinggi 25 meter.

"Teknologi ini sudah teruji dibanyak negara Eropa dan Asia. Untuk pembangunan ITF Sunter, saat ini masih dalam tahap lelang," pungkasnya.

baca juga:
Penulis: Danang Setiaji Prabowo
Editor: Gusti Sawabi
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
703761 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas