Selasa, 23 Desember 2014
Tribun Jakarta

LSI Lakukan Quick Count Hasil Pilgub

Rabu, 11 Juli 2012 15:38 WIB

LSI Lakukan Quick Count Hasil Pilgub
int
ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakakukan penghitungan cepat (quick count) hasil pemilihan gubernur DKI Jakarta pada Rabu, 11 Juli 2012.

Peneliti LSI, Burhanudin Muhtadi, mengatakan quick count ini menggunakan metode kombinasi Stratified-clusteres random sampling, dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar lebih kurang 1 persen pada tingkat kepercayaan 99 persen.

"Quick count mengambil sampel 410 TPS (Tempat Pemungutan Suara) dari 15.059 TPS," ujar Burhanudin di kantor LSI, Menteng, Jakarta, Rabu (11/7/2012).

Total pemilih yang tercata di quick count ini sebanyak 6.983.687 dan tersebar di Kepulauan Seribu, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara.

Burhanudin menjelaskan pihaknya melakukan persiapan selama tiga minggu untuk quick count yang bekerja sama dngan SCTV dan Indosiar ini.

Quick count ini melibatkan 410 relawan yang berjaga di 410 TPS yang sudah dipilih secara random.

LSI juga eenggunakan metode exit pool atau survei yang dilakukan pada saat responden yang keluar dari bilik suara setelah mereka menggunakan hak pilih. Dari masing-masing TPS dari 410 hanya 2 orang responden yang kita wawancarai jadi total ada 820 responden.

Hasil penghitungan masing-masing sampel TPS dicatat oleh relawan melalui lembar quick count dan dikirimkan melalui layanan pesan singkat (SMS) ke Pusat Data LSI, untuk selanjutnya dilakukan penghitungan secara otomatis.

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Rachmat Hidayat

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas