• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 28 Agustus 2014
Tribun Jakarta

Pesan Ibunda ke Jokowi: Kerja Keras dan Jujur

Kamis, 12 Juli 2012 23:25 WIB
Pesan Ibunda ke Jokowi: Kerja Keras dan Jujur
Tribun Jogya/Ade Rizal
Calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Joko Widodo yang juga menjabat sebagai Wali Kota Solo, langsung kembali bekerja setibanya di Solo, Kamis (12/07/2012). Pria yang akrab disapa Jokowi itu, tiba di rumah dinasnya di Loji Gandrung sekitar pukul 11.30 WIB. (Tribun Jogya/Ade Rizal)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sifat Jokowi yang cair, merangkul banyak orang, mampu diterima siapapun, luwes memimpin rakyatnya semasa menjadi Wali Kota Solo, sudah terlihat sejak kecil. Sudjiatmi Notomihardji, ibunda Jokowi, sudah melihat jiwa kepemimpinan anak sulungnya itu.

"Dari kecil sudah kelihatan. Dia anak yang bekerja keras dan pantang menyerah," cerita Sudjiatmi di Posko Pemenangan Jokowi-Basuki, Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/7/2012). Kedatangan Sudjiatmi ke Jakarta, untuk mendampingi puteranya.

Jokowi lahir dari empat bersaudara. Tiga adiknya semua perempuan yakni Iit Sriyantini, Hidayati, dan Titik Ritawati. Setelah duduk di sekolah menengah pertama, sebagai anak tertua, Jokowi sudah terlihat mengayomi adik-adiknya yang saat itu masih kecil-kecil. Sikap disiplin Jokowi terapkan kepada mereka.

Sudjiatmi mengakui, menjadi Gubernur Jakarta tidak lah mudah. Ketika direstui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk maju sebagai calon Gubernur, Jokowi meminta restu kepada Sudjiatmi. "Dan itu saya restui," ungkap Sudjiatmi yang mengenakan busana Muslim serba hijau.

Harapan Sudjiatmi tak besar jika kelak memang puteranya diamanahi memimpin Jakarta, sama seperti ketika memimpin Solo. Pesannya tetap tak berubah dan meminta Jokowi menjalani pepakem luhur agama yang sudah diajarkan kepadanya. "Pokoknya tetap kerja keras, jujur, dan istiqomah," ucapnya.

Meski isteri dan ketiga adik Jokowi tak datang di hari pencoblosan, mereka tetap mendukungnya lewat doa. Bahkan, beberapa hari sebelum itu, keluarga melaksanakan doa bersama. Hal tersebut diakui adik ipar Jokowi, Hari Mulyono.

"Kemarin kita sekeluarga menyelenggarakan acara naryah. Mendoakan semoga pilkada Jakarta yang berlangsung hari ini aman, lancar, dan sukses untuk Pak Jokowi dan Basuki," ujar Hari yang datang ke Jakarta bersama ibunda Jokowi, sejak Selasa kemarin.

Penulis: Y Gustaman
Editor: Willy Widianto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
719552 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • SiBeYe-Jumat, 13 Juli 2012 Laporkan
    di belakang sosok pemimpin yg sukses pasti ada seorang wanita kuat di belakangnya....good job Mr. Jokowi...tetep Jujur & Istiqomah seperti pesen sang Ibu
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas