• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 2 September 2014
Tribun Jakarta

Dukungan PKS ke Foke Akan Munculkan Polemik Besar

Jumat, 13 Juli 2012 19:11 WIB
Dukungan PKS ke Foke Akan Munculkan Polemik Besar
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 4, Hidayat Nurwahid-Didik J.Rachbini, mengibarkan bendera saat kampanye terbuka di Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro Jakarta Selatan, Minggu (1/7/2012). Kampanye terbuka ini dihadiri oleh ribuan pendukung Hidayat-Didik dan sejumlah tokoh yang mengisi orasi dukungan. Hidayat-Didik diusung oleh PKS, salah satu partai besar di Indonesia.

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Eri Komar Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Politik UI, Andrinof Chaniago, menilai, kemungkinan besar akan ada migrasi suara ke Joko Widodo jika putaran kedua dilaksanakan 20 September mendatang.

"Kalau keputusan PKS mendukung Foke, maka akan menjadi polemik yang besar dan saya rasa kader dan simpatisan PKS bisa berpikir lebih jauh. Walaupun ada kader ideologis yang loyal di PKS, saya rasa ada kemungkinan tidak semua kader ikut keputusan partai," ujar Andrinof di Dewan Pers, Jakarta, Jumat (13/7/2012).

Namun Andrinof juga mengkhawatirkan potensi golput jika pemilih calon dari jalur perseorangan (independen) bersikap netral.

"Kalau calon gubernur lain ambil posisi netral, bisa jadi suara golput akan semakin besar. Karena banyak kader partai yang ideologis," ujarnya.

"Seperti PKS yang sangat loyal dengan keputusan partainya. Dan melihat kandidat partainya tidak lolos, mereka akan memilih golput. Terlebih setelah independen memastikan tidak mendukung dan menjual suara," jelasnya.

Andrinof menyatakan, terkait golput ini harus menjadi perhatian, walau memang cukup dimaklumi angka golput tinggi ciri khas dari masalah perkotaan, apatis, dan kesadaran politik aktif masih rendah.

BACA JUGA:

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Yaspen Martinus
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
2 KOMENTAR
722301 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • tahanmana-manatahan-Sabtu, 14 Juli 2012 Laporkan
    Kalo kader cerdas pasti punya nurani..ga asal ikut apa kata partai..kayak kebo dicolok idungnya..tarik kiri ikut kiri kanan ikut kanan..yg ga cerdas mereka yg golput..banyak nuntut hak tp ogah tg jawab..(Nuntut hak bebaa banjir & macet, tp ogah partisipas
  • Andre-Sabtu, 14 Juli 2012 Laporkan
    PKS partai oportunitis, akan ikut disuara terbanyak..... trak recordnya begitu
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas