• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribun Jakarta

Panwaslu Diminta Tegas Awasi Kampanye Terselubung di Masjid

Minggu, 22 Juli 2012 10:28 WIB
Panwaslu Diminta Tegas Awasi Kampanye Terselubung di Masjid
TRIBUN JAKARTA/JePrima/FX Ismanto
Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta, Fauzi Bowo (kiri). Calon Gubernur DKI Jakarta Haji Joko Widodo, (kanan). Siap mengikuti Pilkada Putaran kedua. (TRIBUN JAKARTA/JePrima/FX Ismanto)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bulan Ramadhan tiba. Umat Islam menunaikan Ibadah Puasa serta  shalat Tarawih di malam hari. Sayangnya shalat tarawih kerap diisi dengan ceramah di masjid yang isinya secara tak langsung "mengampanyekan" salah satu calon gubernur DKI Jakarta.

Informasi ini jadi perguncingan dan beredar di Twitter dalam dua hari terakhir ini.
Menyikapi hal tersebut, Pengamat Kebijakan Publik Adrinof Chaniago menilai perlu ketegasan Panwaslu dan KPU DKI Jakarta. "Panwaslu harus berpegang pada pelaksanaan Pilgub yang jujur, adil, dan konsisten. Itu penting ditunjukkan Panwaslu," kata Adrinof ketika dikonfirmasi Tribunnews.com, Minggu (22/7/2012).

Menurutnya sangat disayangkan jika di dalam masjid penceramah yang berlatarbelakang setengah politisi menyelipkan pernyataan setengah kampanye. "Yang jelas di UU disebutkan masjid atau tempat ibadah dan sekolah tidak boleh untuk kampanye," kata dia.

Secara etika ini juga tidak dibenarkan karena diam-diam menggunakan berbagai cara untuk berkampanye di masjid. "Yang harus dikerjakan KPU dan Panwaslu menyosialisasikan agar masyarakat menggunakan akal sehat," katanya.

Mengenai silaturahmi para calon gubernur kepada warga di bulan Ramadan ini, Adrinof menilainya wajar sepanjang berada dalam ketentuan UU yang ada. "Yang tidak  boleh menggunakan masjid untuk berkampanye," katanya. (Aco)

baca juga:

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Sugiyarto
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
748902 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas