• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribun Jakarta

Bos Koperasi Langit Biru Dibekuk di Purwakarta

Selasa, 24 Juli 2012 21:31 WIB
Bos Koperasi Langit Biru Dibekuk di Purwakarta
Kontan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bos Koperasi Langit Biru, Jaya Komara berhasil dibekuk penyidik Bareskrim Mabes Polri malam ini di Purwakarta, Selasa (24/7/2012).

"Ia ditangkap di Purwakarta dan saat ini masih dalam perjalanan," kata Kabareskrim Polri Komjen Pol Sutarman saat ditemui di halaman Masjid Alikhlas, Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Jaya Komara menurut Sutarman disangkakan dengan pasal penipuan dan tentu saja hal tersebut akan terus berkembang. Tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain dalam kasus tersebut. "Ia dijerat dengan pasal penipuan," ujarnya.

Sebenarnya secara legalitas lembaga yang didirikan Jaya Komara diakui keberadaannya dan berbadan hukum. Sehingga secara lembaga Koperasi Langit Biru bisa menghimpun dana dari anggotanya.

Namun, dalam perjalanannya justru bunga 17-30 persen yang dijanjikan tak kunjung didapatkan anggotannya, sehinngga Jaya Komara menjadi orang yang paling bertanggung jawab dalam kasus yang merugikan ribuan masyarakat tersebut.

"Delik pokok di situ, bila ada pelanggaran lain, itu akan kita kembangkan, termasuk pelanggaran Undang-undang Tindak Pidana Pencucian Uang untuk diketahui kemana uang yang dikumpulkan tersebut," ungkap Sutarman.

Koperasi Langit Biru beroperasi atas dasar Akta Notaris Winda Wirata No 24 tanggal 9 April 2011, yang diterbitkan Dinas Koperasi dan UMKM Banten, 20 Juli 2011.

Tak seperti koperasi pada umumnya, KLB menawarkan investasi dengan imbalan hasil tinggi. Paket investasinya berkisar Rp 385.000-Rp 14 juta.

Imbal hasilnya mencapai 258,97 persen dalam dua tahun atau 10 persen sebulan dari nilai penyertaan. Koperasi tersebut memutar uang nasabah di usaha broker daging.

Diberitakan sebelumnya, Koperasi tersebut sebelumnya mengaku telah menjaring 115.000 investor dengan dana yang terkumpul di atas Rp 500 miliar.

Baca Juga:

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Johnson Simanjuntak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
758522 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas